Haedar Minta Aparat Negara Patriotik dan Profesional dalam Pemilu 2024

Ajak warga Muhammadiyah cerdas dalam menghadapi pemilu

Bantul, IDN Times - ‎Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, memberikan pesan khusus kepada para pejabat, aparat negara, TNI-Polri, dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggara pemilu agar menjalankan tugasnya dengan patriotisme, profesionalitas dan sesuai konstitusi.

"Penyelenggara pemilu sebagai yang adil, profesional, dan bertanggung jawab," katanya saat menyampaikan pidato Milad Muhammadiyah ke-111 tahun di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Minggu (19/11/2023).

1. Ajak masyarakat menjaga etika hingga memupuk sikap saling mengharga dan toleransi

Haedar Minta Aparat Negara Patriotik dan Profesional dalam Pemilu 2024Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Dok. Humas UMY)

Haedar juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga etika, kedewasaan serta memupuk sikap saling menghargai dan toleransi dalam menghadapi dinamika pemilu.

"Semua pihak baik elite maupun warga dihimbau untuk berintrospeksi diri, menjadi teladan dalam mengikuti kontestasi demokrasi," ucapnya.

2. Buktikan warga Muhammadiyah berbeda dengan yang lain

Haedar Minta Aparat Negara Patriotik dan Profesional dalam Pemilu 2024Ilustrasi anggota perserikatan Muhammadiyah.(Dok.Humas UMY)

Bagi pimpinan Muhammadiyah, Haedar meminta perlunya sikap cerdas, rasional, dewasa, bermartabat serta berkeadaban mulia dalam menghadapi Pemilu 2024. Warga Muhammadiyah juga harus berpedoman kepada khittah, kepribadian dan ketentuan tanpa tafsir dan orientasi kepentingan sendiri-sendiri serta bersikap cerdas dalam berpartisipasi maupun menghadapi perbedaan politik.

"Buktikan warga Muhammadiyah berbeda dari yang lain, yaitu politik cerdas adiluhung," terangnya.

Baca Juga: PP Muhammadiyah Bakal Gelar Dialog Publik Capres-Cawapres

3. Pemilu harus dalam koridor konstitusi dan jangan ada penyimpangan

Haedar Minta Aparat Negara Patriotik dan Profesional dalam Pemilu 2024Ilustrasi pemilihan umum.(IDN Times/Daruwaskita)

Lebih lanjut, Haedar mengatakan dalam menghadapi pemilu yang akan berlangsung 14 Februari 2024 yang akan datang berharap pemilu dapat berlangsung sukses, bermartabat dan tetap menjaga keamanan dan persatuan nasional. Pemilu harus tetap berada dalam koridor konstitusi dan jangan ada penyimpangan.

"Para konstestan baik capres-cawapres, tim sukses, pendukung diharapkan dapat bersaing secara demokratis dengan penuh etika dan siap menerima hasil secara sportif," pungkasnya.‎

Baca Juga: Muhammadiyah Tuntut Anwar Usman Mengundurkan Diri dari Hakim MK

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya