PP Muhammadiyah Bakal Gelar Dialog Publik Capres-Cawapres

Tiga kampus akan dijadikan lokasi dialog publik

Bantul, IDN Times - ‎Menjelang masa kampanye Pemilu Serentak yang akan dimulai pada 28 November 2023 mendatang, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah akan menggelar dialog pulik bersama pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres). 

1. Tiga kampus Muhammadiyah akan dijadikan tempat dialog publik capres-cawapres

PP Muhammadiyah Bakal Gelar Dialog Publik Capres-CawapresSekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. (IDN Times/Daruwaskita)

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, mengatakan dialog publik capres cawapres bakal dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Di setiap kampus nantinya akan menghadiri masing-masing satu pasangan capres cawapres," ucapnya, di Kampus Universitas Ahmada Dahlan (UAD), Jumat (17/11/2023).

2. Jadwal dan lokasi dialog publik capres cawapres

PP Muhammadiyah Bakal Gelar Dialog Publik Capres-CawapresUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). IDNTimes/Larasati Rey

Menurut Mu'ti, capres-cawapres yang akan melaksanakan dialog publik di Kampus Universitas Muhammadiyah Surabaya adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang rencananya akan digelar pada 21 November 2023. Sementara, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta pada 22 November 2023 dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta.

"Kita telah mengirimkan undangan kepada tiga pasangan capres-cawapres dan hanya satu pasangan yakni Prabowo-Gibran yang belum memberikan kepastian kehadirannya sebab jadwal masih diatur oleh tim kampanye pusat Prabowo-Gibran," ujarnya.

"Namun, dialog publik dengan capres-cawapres Prabowo-Gibran jika mundur pun maka pelaksanaan dialog diharapkan sebelum masa kampanye berlangsung," tambahnya lagi.

Baca Juga: Muhammadiyah Tuntut Anwar Usman Mengundurkan Diri dari Hakim MK

3. Akan titipkan aspirasi Muhammadiyah kepada ketiga capres

PP Muhammadiyah Bakal Gelar Dialog Publik Capres-CawapresSekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti(tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Mu'ti mengatakan, dialog publik yang menghadirkan tiga pasangan capres-cawapres ini diharapkan bisa menjadi pendidikan politik bagi pimpinan, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah serta masyarakat umum.

"Dialog publik itu juga menjadi sarana untuk mengkaji secara kritis visi, misi dan program capres cawapres yang akan berlaga dalam Pemilu 2024. Muhammadiyah juga akan menitipkan aspirasi pada tiga capres dan cawapres," terangnya.

"Dalam dialog tersebut juga akan menghadirkan sejumlah panelis dengan berbagai latar belakang yang punya keahlian dibidangnya masing-masing," tambahnya lagi.‎

Baca Juga: Puluhan Orang Geruduk Satpol PP Kota Jogja, Pertanyakan Pencopotan Baliho Ganjar

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya