Jokowi Disebut Alumni Paling Memalukan, Pratikno: Alumni Membanggakan

Pro kontra bagian demokrasi

Sleman, IDN Times - Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (BEM KM UGM) beberapa waktu lalu menobatkan Presiden Joko Widodo sebagai alumnus paling memalukan. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) yang juga Ketua Majelis Wali Amanat UGM, Pratikno, menyebut Jokowi alumni yang membanggakan.

"Kita menganggapnya alumni yang membanggakan lah," ujar Pratikno ditemui seusai mengikuti acara Rapat Terbuka Universitas Gadjah Mada dalam Rangka Peringatan Dies Natalis ke-74 UGM, di Grha Sabha Pramana (GSP) UGM, Selasa (19/12/2023).

1. Pro kontra jadi bagian dari demokrasi

Jokowi Disebut Alumni Paling Memalukan, Pratikno: Alumni MembanggakanMenteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Setelah ada aksi dari BEM KM UGM yang memberikan Jokowi alumnus paling memalukan pada Jumat (8/12/2023), muncul juga baliho Jokowi alumnus paling membanggakan yang dipasang Badan Etik Mahasiswa UGM, di Bundaran UGM pada Jumat (15/12/2023). Meski begitu, Badan Etik Mahasiswa tersebut bukan bagian dari BEM KM UGM, dan tidak tercatat sebagai organisasi resmi di UGM.

Pratikno menilai pro kontra tersebut hal biasa, sebagai sebuah ekspresi berdemokrasi. "Itu kan biasa, kita kan pernah jadi aktivis juga, biasalah ekspresi dalam berdemokrasi," ungkap Pratikno.

2. Anugerah Jokowi alumnus paling memalukan wujud kekecewaan mahasiswa

Jokowi Disebut Alumni Paling Memalukan, Pratikno: Alumni MembanggakanPemyerahan nominasi alumnus UGM paling memalukan. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sebelumnya diketahui, Ketua BEM KM UGM, Gielbran Muhammad Noor, mengatakan penganugerahan Jokowi sebagai alumnus paling memalukan tersebut tidak lepas dari kekecewahan mahasiswa UGM terhadap Jokowi selama kepemimpinannya menjadi Presiden. Disebut Gielbran, banyak masalah fundamental yang belum terselesaikan.

"Wujud kekecewaan kita sebagai mahasiswa UGM juga. Bahwa sudah hampir dua periode Pak Jokowi memimpin, tapi pada kenyataannya masih banyak sekali permasalahan fundamental yang sampai sekarang belum tuntas, terselesaikan. Padahal beliau punya cukup banyak waktu untuk menyelesaikan masalah-masalah itu," kata Gielbran.

Baca Juga: Jokowi Dapat Nominasi Alumnus UGM Paling Memalukan dari BEM

3. Pemasangan baliho Jokowi alumnus paling membanggakan

Jokowi Disebut Alumni Paling Memalukan, Pratikno: Alumni MembanggakanBaliho BEM UGM (Badan Etik Mahasiswa UGM) Penyerahan Nominasi Alumnus UGM Paling Membanggakan (Presiden Pertama Dari UGM), Mr Joko Widodo, di sekitaran Bundaran UGM, Jumat (15/12/2023) sore hari. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sementara itu baliho Jokowi alumnus paling membanggakan yang dipasang pada Jumat (15/12/2023), tidak diketahui secara pasti siapa yang memasang. Baliho dipasang sekitar pukul 17.30 WIB. Namun saat ditanya, beberapa orang yang memasang baliho tersebut enggan untuk dikonfirmasi.

Dalam baliho tersebut tercantum nama Feri Cadang sekaligus nomor ponselnya. Saat dikonfirmasi Feri Cadang atau disebut juga Feri Agung Hermawan, menyebut di UGM banyak komunitas. Badan Etik Mahasiswa UGM disebutnya juga merupakan komunitas.

Feri menyebut aksi di Bundaran UGM, hanya satu bagian dari sekumpulan massa yang punya keresahan yang sama terhadap pernyataan Ketua BEM KM UGM, Gielbran Muhammad Noor. Namun Feri menyebut dirinya telah memutuskan untuk menarik diri dari aksi ini. Pasalnya ada sebagian hal yang menurutnya kontraproduktif terhadap gerakan yang seharusnya.

"Sebab saya anggap ada sebagian hal-hal yang kontraproduktif terhadap gerakan yang seharusnya. Sehingga sikap pribadi saya menarik seluruh kontribusi pada aksi ini," kata Feri

Baca Juga: Baliho Jokowi Nominasi Alumnus UGM Paling Membanggakan Dipasang di UGM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya