Ganjar, Prabowo, Anies Masuk Radar Bacapres, PPP Sudah Pilih

Bacapres PPP akan diumumkan sore ini

Sleman, IDN Times - Sejumlah nama tokoh disebut masuk kandidat Bakal Calon Presiden (Bacapres) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akan diumumkan di kediaman Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono, di Harjobinangun, Pakem, Sleman Rabu (26/4/2023). Meski begitu, hingga Rabu (26/4/2023) siang PPP belum memberi nama resmi yang akan diusung.

Waketum PPP, Arsul Sani menyebut ada sejumlah nama tokoh yang diusulkan dari pengurus wilayah PPP. Proses pemilihan bakal calon presiden (bacapres) ini dilakukan dari akar rumput PPP.

1. Berproses dari bawah

Ganjar, Prabowo, Anies Masuk Radar Bacapres, PPP Sudah PilihWakil Ketua Umum PPP, Arsul Sani. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Arsul menjelaskan di PPP proses pencapresan berbasis dari bawah ke atas. Artinya aspirasi dari struktur konstituen akar rumput partai menjadi pertimbangan penting. "Pencapresan di PPP ini berbasis bottom up," ujar Arsul, Rabu (26/4/2023).

Dari proses penjaringan nama tersebut, muncul sejumlah nama. Pengurus dari wilayah, kemudian kabupaten menjadi dasar pengajuan nama calon. "Suara aspirasi tidak tunggal," ujar Arsul.

2. Nama Ganjar dan Anies muncul

Ganjar, Prabowo, Anies Masuk Radar Bacapres, PPP Sudah PilihGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Arsul menyebut sejumlah nama yang muncul dari akar rumput, salah satunya Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah tersebut, disebut paling banyak mendapat suara dari pengurus wilayah. "Ganjar Pranowo di dalam Rapimwil atau Mukerwil itu paling banyak memang disuarakan, untuk diusung bakal calon presiden," ujarnya.

Meski begitu, Arsul belum mengungkapkan kepastian siapa yang diangkat PPP. Arsul juga menyebut nama lain yang didukung pengurus wilayah, ada Anies Baswedan, Prabowo Subianto, ada juga Sandiaga Uno, dan Erick Thohir. "Itu semua disuarakan," ungkapnya.

Baca Juga: PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai Terkait

3. Keputusan terakhir diumumkan nanti

Ganjar, Prabowo, Anies Masuk Radar Bacapres, PPP Sudah PilihRapimnas PPP di Yogyakarta, Selasa (25/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Dari sejumlah nama yang muncul dan didukung menjadi bacapres tersebut diselenggarakan rapat majelis partai dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Senin (24/4/2023) -Selasa (25/4/2023). Dari hasil rapat tersebut juga sudah dipilih.

"Ini nanti yang akan diumumkan, siapa yang diumumkan ya tunggu dulu," kata Arsul.

Baca Juga: Sejumlah Artis Hadiri Pasar Rakyat dan Deklarasi Capres PPP

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya