PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai Terkait

Nama capres PPP akan diumumkan besok Rabu

Sleman, IDN Times - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono, menyebut PPP sudah mengantongi nama calon presiden (capres) yang didukung untuk Pilpres 2024 mendatang. PPP akan membuka komunikasi dengan partai pengusung lain serta Capres terkait, dan akan mengumumkan pada Rabu (26/4/2023) siang atau sore hari.

Mardiono mengatakan nama Capres yang akan didukung PPP ini telah dibahas saat rapat dengan majelis partai. Kemudian diputuskan saat Rapimnas di rumahnya, di Harjobinangun, Pakem, Sleman, pada Selasa (25/4/2023).

"Dari tahapan itu sudah diambil keputusan, tapi nanti pengumuman secara resmi saya akan komunikasikan dulu dengan para pihak terkait di dalam perpolitikan ini," ujar Mardiono seusai Rapimnas.

1. Buka komunikasi dengan partai lain dan capres

PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai TerkaitPlt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Mardiono menjelaskan PPP perlu membangun komunikasi dengan capres maupun partai lain. Pasalnya PPP tidak memenuhi jumlah kursi DPR RI yang dipersyaratkan untuk mengusung capres sendiri.

"Harus ada pihak partai yang bersama-sama dengan PPP ini untuk mencalonkan tokoh yang sebagaimana sudah kita putuskan di dalam rapat pimpinan nasional ini," ungkap Mardiono.

Dikatakan Mardiono komunikasi dengan partai lain terkait pilihan Capres yang akan didukung PPP ini menjadi bagian dari etika berkomunikasi antarpartai.

"Di mana kita mau mendukung seseorang ya harus bicara dulu dengan partai yang menjadi induk tokoh yang kita usung. Kemudian tentu dengan yang bersangkutan, yang kita dukung," ujar Mardiono.

2. Akan diumumkan siang atau sore hari

PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai TerkaitRapimnas PPP di Yogyakarta, Selasa (25/4/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Menurut Mardiono keputusan dukungan pada capres ini telah memenuhi kriteria konstitusi partai. Keputusan tersebut juga tidak secara tiba-tiba, karena sudah banyak desakan dari akar rumput, agar DPP memutuskan dukungan untuk capres maupun cawapres.

"Tapi juga kami telah memperhitungkan matang-matang, dan baru bisa kita lakukan pada hari ini. Kita umumkan besok antara jam 13.00--18.00 WIB kira-kira. Tergantung hasil komunikasi politik saya ya tentu dengan mitra," ungkap Mardiono.

Baca Juga: PPP Siap Umumkan Nama Tokoh yang Bergabung, Sandi Merapat?

3. Koalisi Indonesia Bersatu

PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai TerkaitKoalisi Indonesia Bersatu setelah menandatangani nota kesepahaman di Jakarta Pusat, Sabtu (4/6/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Mardiono menyebut nama yang akan didukung PPP ini tidak berkaitan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), di mana PPP menjadi bagian dari koalisi tersebut bersama dengan Golkar dan PAN.

"Jadi tidak membicarakan soal KIB. Soal KIB buat PPP kami bagian dari koalisi itu, tapi perlu saya sampaikan bahwa piagam deklarasi yang kita tandatangani itu adalah kerja sama dalam keputusan politik, ide gagasan, ya kemudian tidak mengikat pada atau mempengaruhi internal partai masing-masing," ujarnya.

Jika ternyata nantinya keputusan sama, hal tersebut menurutnya bagus. Namun, jika berbeda, perlu ada negosiasi dan lobi lagi.

"Tapi ya belum ada perbedaan, kan belum mengumumkan. Saya baru mengumumkan besok, atas permintaan dari arus bawah. Kemudian PAN juga belum mengumumkan, Pak Airlangga (Golkar) juga belum mengumumkan," kata Mardiono.

Baca Juga: Plt Ketum PPP Klaim Akar Rumput Partai Dukung Ganjar Pranowo

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya