Akan Umumkan Bacapres, PPP Bocorkan Kriteria Cawapres

Gabungan nasionalis-religius

Sleman, IDN Times - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengumumkan bakal calon presiden (bacapres) yang didukung di Harjobinangun, Pakem, Sleman, pada Rabu (26/4/2023) ini. PPP juga membeberkan kriteria bakal calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan bacapres yang dipilih.

Waketum PPP, Arsul Sani, mengatakan jika nantinya bacapres yang diusung dari kalangan Nasionalis maka cawapres dari kalangan religius. "Begitu juga sebaliknya," ungkap Arsul, Rabu (26/4/2023).

1. Kombinasi nasionalis religius

Akan Umumkan Bacapres, PPP Bocorkan Kriteria CawapresGubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) (Dokumentasi IDN Times)

Arsul mengatakan pola pasangan dari kalangan nasionalis-religius ini sudah berlangsung lama. Khususnya setelah reformasi. Dicontohkan Arsul, seperti pasangan Gus Dur-Megawati, kemudian Megawati-Hamzah Haz.

Selanjutnya SBY-Jusuf Kalla. "Yang agak keluar (pakem) SBY-Boediono. Kembali lagi Jokowi-Jusuf Kalla dan Jokowi-Ma'ruf Amin. PPP berharap pakem itu dipertahankan," ujar Arsul.

2. Nama bacapres yang muncul

Akan Umumkan Bacapres, PPP Bocorkan Kriteria Cawapresilustrasi capres dan cawapres (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk bacapres, Arsul juga menyebut sejumlah nama yang muncul dari akar rumput, salah satunya Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah tersebut, disebut paling banyak mendapat suara dari pengurus wilayah.

"Ganjar Pranowo di dalam Rapimwil atau Mukerwil itu paling banyak memang disuarakan, untuk diusung bakal calon presiden," ujarnya.

Meski begitu, Arsul belum mengungkapkan kepastian siapa yang diangkat PPP. Arsul juga menyebut nama lain yang didukung pengurus wilayah, ada Anies Baswedan, Prabowo Subianto, ada juga Sandiaga Uno, dan Erick Thohir. "Itu semua disuarakan," ungkapnya.

Baca Juga: Ganjar, Prabowo, Anies Masuk Radar Bacapres, PPP Sudah Pilih

3. Diharap mendongkrak suara di Pileg

Akan Umumkan Bacapres, PPP Bocorkan Kriteria CawapresIlustrasi pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Arsul hanya berharap untuk bacapres siapa nanti yang bakal diusung dapat mendongkrak suara partai di Pemilihan legislatif (Pileg). "Tentu semua partai politik harapannya itu. Pilpres menambah elektabilitas di Pileg, bukan menurunkan," ujarnya.

Dalam pengumuman Bacapres nanti, Arsul mengatakan tidak banyak tokoh yang hadir. Pasalnya, ini merupakan forum internal partai. "Forum kami internal tidak mengundang yang eksternal. Ada saatnya nanti forum lagi," ujar dia.

Baca Juga: PPP Kantongi Nama Capres, Segera Komunikasi dengan Partai Terkait

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya