Adisutjipto Urban Obstacle Run 2023 Siap Digelar, Tertarik Ikut? 

Ribuan peserta bakal ikut event tahunan ini 

Yogyakarta, IDN Times - Sukses gelaran Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR) pada tahun 2018 dan 2019 yang diikuti empat ribu peserta dari seluruh Indonesia, tahun ini AUOR 2023 akan dilaksanakan selama dua hari, di Lanud Adisutjipto pada Sabtu (2/12/2023) dan Minggu (3/12/2023).

Kegiatan ini untuk meningkatkan eksistensi TNI AU di masyarakat agar menarik minat dan kecintaan untuk bergabung dengan TNI AU. Selain itu acara digelar untuk memperingati HUT ke-78 Sekolah Penerbang TNI AU.

1. Event untuk menggerakkan perekonomian Jogja

Adisutjipto Urban Obstacle Run 2023 Siap Digelar, Tertarik Ikut? Ilustrasi Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR). (Dok. Istimewa)

Komandan Wingdik Terbang, Kolonel Pnb Sri Raharjo saat press conference pada Sabtu di Sekolah Penerbang TNI AU, mewakili Komandan Lanud Adisutjipto menyampaikan AUOR akan dilaksanakan setiap tahun. Selain akan diikuti para atlit, bakal hadir ribuan pelari rekreasional dari seluruh Indonesia.

"Ini akan bagus untuk perekonomian Jogja, karena membutuhkan lebih dari seribu kamar hotel dan tentunya akan berbelanja dan mengunjungi destinasi wisata lainnya. Acara ini menggabungkan konsep lomba lari, kolaborasi, charity dan peduli," ujar Kolonel Pnb Sri Raharjo., Sabtu (9/9/2023). 

2. Terdapat kategori ultra 24 jam dan 12 jam

Adisutjipto Urban Obstacle Run 2023 Siap Digelar, Tertarik Ikut? Ilustrasi Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR). (Dok. Istimewa)

Penyelenggaraan tahun ini, AUOR bertransformasi menjadi Adisutjipto Ultra Obstacle Run, karena membuka kategori baru yaitu ultra 24 jam dan 12 jam. Peserta lomba lari ini diberikan waktu selama 24 jam dan 12 jam untuk memperoleh jarak sejauh-jauhnya.

"Khusus untuk kategori ultra ini seluruh peserta akan melakukan penggalangan donasi yang akan disumbangkan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak difabel di Kabupaten Sleman," ujar Kolonel Pnb Sri Raharjo.

Baca Juga: Hadapi Laga Perdana, PSIM Jogja Siapkan Permainan Khas

3. 5 ribu peserta ditargetkan mengikuti event ini

Adisutjipto Urban Obstacle Run 2023 Siap Digelar, Tertarik Ikut? Ilustrasi Adisutjipto Urban Obstacle Run (AUOR). (Dok. Istimewa)

Ketua Panitia AUOR 2023, Mayor Pnb Alfian Rokhmat menyampaikan AUOR 2023 akan diikuti sebanyak lima ribu peserta untuk 7 kategori lomba lari yaitu Obstacle Run Group, UItra 24 Jam, Ultra 12 Jam Siang, Ultra 12 Jam Malam, 21K, 10K dan 5K.

Selain secara resmi pembukaan pendaftaran online, diperkenalkan jersey yang akan didapatkan seluruh peserta. Disediakan jersey khusus untuk para peserta yang berhasil mencapai garis finish untuk kategori obstacle run, ultra dan 21K akan menjadi kejutan bagi para peserta.

Saat acara AUOR berlangsung, peserta akan disuguhi air show yaitu pertunjukan konfigurasi pesawat tempur TNI AU, pameran pesawat TNI AU, pertunjukan musik dari artis nasional, pameran oleh komunitas otomotif, dan akan menghadirkan puluhan tenant UMKM. Untuk hadiah pemenang lebih dari Rp200 juta, dan seluruh peserta berkesempatan mendapat hadiah doorprize senilai ratusan juta rupiah.

Race Director AUOR 2023, Ronny Yuliananto menyampaikan seluruh syarat dan ketentuan lomba akan dilaksanakan dengan tegas demi ketertiban dan kelancaran lomba serta keamanan dan keselamatan peserta. “Menjadi tanggung jawab yang besar untuk mensukseskan event nasional yang menggabungkan tujuh kategori dalam sebuah event. Kerja sama oleh tim yang solid akan menjadi kunci suksesnya acara ini," imbuhnya.

Baca Juga: Aplikasi Jogja Smart Service Masuk Nominasi Award PBB

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya