Khawatir Kasus COVID-19 Pemasok Ikan Meluas, Bantul Gelar Rapid Test

Kebanyakan ikan laut di Pantai Depok dipasok dari Semarang 

Bantul, IDN Times - Khawatir Klaster pemasok ikan dari Pasar Kobong, Semarang meluas Dinkes Bantul lakukan tes terhadap bakul ikan dan petugas gudang penyimpanan ikan di Pantai Depok. 

Keterangan Plt Kasi Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Bantul, Budi Nur Rokhmah mengatakan rapid test dilakukan karena sebagian besar pasokan ikan di Depok didatangkan dari penjual ikan dari Pasar Kobong, Semarang. 

 

Baca Juga: Pemasok Ikan Masih Mendominasi Penambahan Pasien COVID-19 di DIY

1. Untuk memastikan pedagang ikan di Depok tidak terpapar virus corona

Khawatir Kasus COVID-19 Pemasok Ikan Meluas, Bantul Gelar Rapid TestIlustrasi rapid test untuk pengunjung dan pedagang. Dok/Humas Pemkot Malang

Diakuinya rapid test kepada pedagang pasar ikan laut di Pantai Depok penting diakukan untuk mencegah penularan dan penambahan kasus di DIY. 

"Kita ingin memastikan tidak ada pedagang ikan laut di Pantai Depok yang terpapar COVID-19," ungkap Budi pada Senin (22/6). 

 

 

2. Kebanyakan ikan laut dipasok dari Pasar Kobong, Semarang‎

Khawatir Kasus COVID-19 Pemasok Ikan Meluas, Bantul Gelar Rapid TestPasar Rejomulyo atau Pasar Kobong ditutup setelah ditetapkan sebagai klaster baru COVID-19 di Kota Semarang. Dok. Pemkot Semarang

Menurut Budi Nur Rokhmah selain pedagang ikan di Pasar Ikan Depok, rapid test juga akan dilakukan terhadap petugas penyimpanan ikan di Pasar Depok. Rencananya rapid test akan dilakukan pada awal bulan Juli. 

Selain melakukan tes cepat COVID-19 kepada bakul dan petugas gudang, Dinkes Bantul juga akan melakukan rapid test acak terhadap pemilik dan pegawai warung seafood. 

 

Baca Juga: Belum Dibuka, Wisatawan Datangi Pantai Parangtritis dan Depok

3. Pedagang ikan laut dukung adanya rapid test‎ ‎

Khawatir Kasus COVID-19 Pemasok Ikan Meluas, Bantul Gelar Rapid TestPasar ikan Pantai Depok. IDN Times/Daruwaskita

Salah seorang pedagang ikan laut di Pasar Ikan Pantai Depok, Henry Triyono mengatakan hampir seluruh pasokan ikan laut di Pantai Depok berasal dari Pasar Kobong Semarang. Namun tidak ada kontak langsung dengan pemasok ikan dari Semarang karena sistem pembayaran yang digunakan transfer uang. 

"Biasanya pedagang ikan di Depok memesan ikan laut untuk minta dikirimkan ke gudang penampungan. Tidak ada kontak langsung dengan pedagang di Pasar Kobong karena pemesanan lewat telepon, pembayaran lewat transfer rekening," ucapnya.

Namun Henry mengaku senang jika Dinkes Bantul menggelar rapid test bagi pedagang ikan laut di Pantai Depok, untuk memastikan tidak ada pedagang yang terpapar COVID-19.

"Ya sangat sepakat jika akan diadakan rapid test COVID-19 untuk memastikan tidak ada COVID-19 di pasar ikan Pantai Depok," terangnya.‎

Baca Juga: Warga Sleman Positif COVID-19 setelah Semobil dengan Pemasok Ikan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya