Desa Wisata Krebet Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Suvenir digunakan untuk acara berskala internasional

Bantul, IDN Times -Desa Wisata Krebet di Kabupaten Bantul masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Pencapaian itu mendapatkan apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dengan mengunjungi Desa Wisata Krebet yang berada di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pajangan Kabupaten Bantul pada Sabtu (20/7/2024).

Politikus PPP ini juga menyempatkan untuk melihat proses produksi dan hasil kerajinan batik kayu yang produk unggulan kerajinan tangan dari Desa Wisata Krebet.

1. Produk kriya dari Desa Wisata Krebet jadi suvenir dalam acara internasional

Desa Wisata Krebet Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi Desa Wisata Krebet.(IDN Times/Daruwaskita)

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan bahwa Desa Wisata Krebet sangat mempesona terutama dari segi kekuatan produk ekonomi kreatif dan budayanya yang njawani. Sedangkan untuk produk kriyanya telah mendunia sebab di 2021 masuk menjadi suvenir resmi dari acara berskala internasional yang digelar pemerintah.

"Nah sekarang tinggal wisatanya yang dikembangkan dan di Desa Wisata Krebet ini ada wisata alam dan wisata buatan termasuk juga ada wisata hijau yaitu bank sampah. Ini juga bisa memperkuat Desa Wisata Krebet bisa masuk menjadi juara menyusul Desa Wisata Nglanggeran di Gunungkidul yang lebih dahulu menjadi desa wisata terbaik dunia," ungkapnya.

2. Wisatawan yang datang tidak hanya menjadi 'rohali' namun menjadi 'rojali'

Desa Wisata Krebet Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024Menparekraf Sandiaga Uno kunjungi Desa Wisata Krebet.(IDN Times/Daruwaskita)

Mantan Wakil Gubernur DKI ini menjelaskan Desa Wisata Krebet sudah memiliki potensi dari aspek ekonominya. Saat ini, kata Sandi, tinggal melengkapi dengan pariwisata yang mumpuni sehingga menjadi desa wisata yang komplet.

"Bukan hanya 'Rohali', rombongan hanya lihat-lihat namun 'Rojali' rombongan yang jadi beli. Membeli produk-produk kreatif dari Desa Wisata Krebet," ucapnya.

"Saya punya keyakinan Desa Wisata Krebet ini bisa menjadi juara dalam ADWI 2024 dan Desa Wisata Krebet semakin mendunia," katanya.

Baca Juga: Pandemik Usai, Perajin Batik Kayu di Krebet Bantul Bangkit Lagi

3. Masuk 50 besar ajang ADWI 2024 bikin bangga

Desa Wisata Krebet Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo (kiri). IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo mengatakan kedatangan Menparekraf Sandiago Uno dalam rangka memberi penghargaan bagi Desa Wisata Krebet yang masuk dalam 50 ADWI 2024 dan menjadi prestasi yang baik dan membanggakan.

"Harapan kita masuknya Desa Wisata Krebet menjadi 50 besar dalam ADWI 2024 ini dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat Krebet, masyarakat Pajangan dan masyarakat Bantul karena dampaknya akan membawa Krebet semakin produktif, berkembang dan akan meningkatkan ekonomi masyarakat di Krebet dan sekitarnya," katanya.

Di sisi lain prestasi yang diraih Desa Wisata Krebet akan memacu desa wisata lain di Bantul untuk bisa lebih meningkatkan, memberdayakan desa wisatanya untuk bisa mendapatkan prestasi lainnya khususnya dalam kancah desa wisata tingkat nasional.

"Sekali lagi kita mewakili Pemkab Bantul berterima kasih dan memberi apresiasi kepada teman-teman di Desa Wisata Krebet," ujarnya.

 

Baca Juga: Yuk Main ke Museum Benteng Vredeburg, Ada yang Baru Lho!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya