TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Golkar Kota Jogja Yakin Mundurnya Airlangga Tak Pengaruhi Pilkada 2024

Doakan yang terbaik buat Airlangga

Ketua Umum Airlangga Hartarto Menggundurkan Diri dari Jabatannya. (Istimewa)

Intinya Sih...

  • DPD Golkar Yogyakarta yakin mundurnya Airlangga tidak mempengaruhi Pilkada 2024.
  • Golkar DIY solid dan tetap aman-aman aja, karena Golkar DIY satu komando tanpa pengaruh.
  • Muhammad Afnan Hadikusumo diusung sebagai calon wali kota Yogyakarta 2024 oleh Golkar dan PKS.

Yogyakarta, IDN Times - DPD Golkar Kota Yogyakarta meyakini mundurnya Airlangga Hartarto dari posisi ketua umum tak akan mempengaruhi roda organisasi parpol berlambang beringin itu di Pilkada 2024.

"Insyaallah enggak (mempengaruhi Pilkada). Golkar kan partai kader. Partainya sistemnya udah woo wes (mumpuni)," kata Ketua DPD Golkar Yogyakarta, Agus Mulyono, Senin (12/8/2024).

1. Doakan terbaik buat Airlangga

Agus menuturkan, pihaknya menghormati keputusan Airlangga mundur karena urusan pribadi. Ia cuma bisa mendoakan yang terbaik bagi sosok Menko Perekonomian itu ke depannya.

"Semua kita doakan saja Pak Airlangga itu dalam kondisi yang baik. Dan ini apapun kan mantan ketum kami ya," ucapnya.

2. Golkar solid satu komando

Akan tetapi, sikap pengurus Golkar di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya atas mundurnya Airlangga ini nantinya tetap akan disampaikan oleh jajaran DPD DIY. 

"Tapi intinya tetap aman-aman aja, karena Golkar DIY itu solid dan satu komando, enggak ada pengaruh," pungkas Agus.

Golkar sendiri pada Pilkada Yogyakarta 2024 ini telah resmi mengusung Muhammad Afnan Hadikusumo, yang merupakan cucu salah satu pendiri organisasi Muhammadiyah, yakni Ki Bagus Hadikusumo. DPD Golkar Yogyakarta mengusung Afnan yang pernah duduk di kursi DPD RI perwakilan DIY selama tiga periode itu sebagai bakal calon wali Kota Yogyakarta 2024.

Selain Golkar, Afnan juga telah secara resmi mendapatkan dukungan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju sebagai calon wali kota pada Pilkada 2024 Yogyakarta.

Baca Juga: Pakar Politik UGM Bicara Peluang Jokowi Duduki Ketum Golkar

3. DPD Golkar DIY sudah endus keputusan Airlangga

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di HUT ke-46 AMPI. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Organisasi DPD Partai Golkar DIY, John S Keban mengklaim pihaknya telah mengendus keputusan Airlangga tersebut. "Kita sudah mengendus juga sebenarnya," katanya saat dihubungi, Senin (12/8/2024).

John mengklaim pihaknya telah mengetahui apa yang membuat Airlangga memutuskan demikian. Sehingga, dia menyebut mundurnya Airlangga juga bukan sesuatu yang mendadak.

"Yang jelas soal yang dihadapi cukup berat. Terutama menyangkut pada posisi pak ketua umum sendiri," ucap John.

John bilang, Airlangga memilih lengser bukan karena isu desakan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) Partai Golkar. Kata dia, Munaslub ada atau tidak keputusan Airlangga ini tetap akan diselenggarakan nantinya.

"Oh tidak ada kaitannya, kita solid, kita kompak. Golkar sudah berapa kali mengalami ujian berat, dulu terbelah dua, kita selesaikan masalah lewat kompromi dengan persepktif politik, kita satukan," tegasnya.

Baca Juga: Golkar DIY Tak Kaget Airlangga Mundur, Klaim Endus Sejak Lama

Verified Writer

Tunggul Kumoro Damarjati

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya