DPT Pilkada Ditetapkan, KPU Buka Kesempatan Pemilih Pindah Memilih

Jumlah DPT Pilkada di Kota Yogyakarta berkurang

Intinya Sih...

  • Jumlah DPT Pilkada 2024 di Kota Yogyakarta berkurang menjadi 320.594 orang, tersebar di 14 kecamatan.
  • KPU masih membuka kesempatan pemilih pindah dan akan fasilitasi melalui daftar pemilih khusus (DPK).
  • Penurunan jumlah DPT disebabkan data ganda dan penduduk yang meninggal dunia, serta pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilakukan oleh KPU.

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta masih membuka kesempatan kepada warga yang ingin pindah memilih meski daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 sudah ditetapkan. Tercatat DPT Pilkada 2024 di Kota Yogyakarta sebanyak 320.594 pemilih yang tersebar di 14 kecamatan.
"DPT di Kota Yogyakarta untuk Pilkada 2024 sebanyak 320.594 orang dengan jumlah 651 tempat pemungutan suara (TPS)," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro, Minggu (22/9/2024).

 

 

1. DPT akan dipublikasikan lewat kelurahan

DPT Pilkada Ditetapkan, KPU Buka Kesempatan Pemilih Pindah MemilihIlustrasi pilkada. IDN Times

Harsya mengatakan setelah penetapan, DPT Pilkada 2024 akan dipublikasikan di 45 kelurahan maupun di laman resmi KPU Kota Yogyakarta.
"Kami masih membuka kesempatan untuk pemilih yang bakal pindah dengan alasan tertentu dan masyarakat yang belum masuk DPT akan difasilitasi melalui daftar pemilih khusus (DPK)," ujar dia.

2. Jumlah DPT menurun

DPT Pilkada Ditetapkan, KPU Buka Kesempatan Pemilih Pindah Memilihilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)


Menurut Harsya, DPT rinciannya terdiri atas 153.449 pemilih laki-laki dan 167.145 pemilih perempuan. Jumlah itu, menurut dia, menurun 679 pemilih dari daftar pemilih sementara (DPS) yang ditetapkan KPU Kota Yogyakarta pada rapat pleno rekapitulasi 10 Agustus 2024 sebanyak 321.273 orang.
Hasya menambahkan penurunan signifikan itu disebabkan berbagai faktor, antara lain ditemukan data ganda, sehingga dilakukan penyesuaian, hingga penduduk yang meninggal dunia.

"Ada data ganda di luar provinsi se-Indonesia dengan dokumen kependudukan yang terbaru, serta penduduk yang wafat dengan dokumen pendukung yang autentik," kata dia.

 

Baca Juga: Reza Arap Ganti Dagangan yang Rusak karena Penonton Speed di Jogja

3. KPU Kota Yogyakarta akan mengundi nomor urut calon

DPT Pilkada Ditetapkan, KPU Buka Kesempatan Pemilih Pindah MemilihIlustrasi Pilkada 2024 (IDN Times)

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Yogyakarta Zuhad Najamuddin mengatakan pada Senin (23/9) KPU akan melakukan pengundian nomor urut pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta.
“Ketiganya yakni pasangan Afnan Hadikusumo-Singgih Raharja, Heroe Poerwadi-Sri Widya Supeno, dan Hasto Wardoyo-Wawan Harmawan,” jelasnya.

Baca Juga: 4 Aktivitas Seru IShowSpeed di Jogja, Membatik hingga Jemparingan

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya