TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Istana Garuda IKN Bakal Berubah Warna Jadi Hijau, Mengapa?

Akan alami proses oksidasi

IKN di Kalimantan Timur (IDN Times/Umi Kalsum)

Intinya Sih...

  • Istana Garuda di IKN, Kalimantan Timur akan berubah warna menjadi hijau dalam waktu dua tahun karena proses oksidasi.
  • Seniman I Nyoman Nuarta mengatakan karyanya akan berubah warna maksimal dalam dua tahun sesuai konsep pembangunan di IKN.
  • Perubahan warna karena oksidasi seperti yang terjadi pada patung kuda di Bundaran HI, yang akan membuat Istana Garuda berubah menjadi hijau.

Sleman, IDN Times - Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur disebut akan berubah warna menjadi hijau dalam waktu dua tahun. Durasi ini merupakan waktu yang dibutuhkan bagi material Istana Garuda untuk mengalami proses oksidasi sesuai konsep pembangunan di IKN.

 

1. Maksimal berubah dalam waktu dua tahun

Suasana Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Deputi Pengendalian Pembangunan Otorita IKN (OIKN), Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi mengatakan, seniman I Nyoman Nuarta yang mengarsiteki Istana Garuda IKN menyebut karyanya bakal berubah warna maksimal dalam waktu dua tahun.

"Pak Nyoman Nuarta sudah menyampaikan itu, maksimal dua tahun. Mudah-mudahan warnanya berubah sesuai warna yang kita harapkan itu warna hijau," kata Thomas di UGM, Sleman, DIY, Jumat (9/8/2024).

2. Patung kuda di Jakarta salah satu contohnya

Suasana Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) terkini. (IDN Times/Umi Kalsum)

Menurut Thomas, perubahan warna karena oksidasi salah satu contohnya yaitu patung kuda yang terletak di bagian Utara Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Contoh kita bilang patung kuda yang ada di Bundaran HI, kita lihat di media, kita baca semuanya. Itu ada masanya oksidasi, dan mudah-mudahan kemarin target (Garuda IKN) satu atau dua tahun. Kalau hari ini orang di situ lihat seperti karat kan, nggak, itu proses oksidasi," paparnya.

Baca Juga: 7 Kampus Dilibatkan Reforestasi Jantung IKN, Salah Satunya UGM

Berita Terkini Lainnya