Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagia

Hidup sewajarnya saja untuk menemukan bahagia

Dalam hidup, kamu akan menghadapi ekspektasi maupun standar sosial yang diterapkan oleh orang di sekelilingmu. Hidup dengan mengejar hal yang sebenarnya bukan tanggung jawabmu tentunya melelahkan. Lebih baik, jalani hidup ini dengan apa adanya. Jalani hidup ini dengan sewajarnya, secukupnya, dan seperlunya, supaya kamu mampu menemukan kedamaian di dalamnya.

Nah, berikut terdapat lima cara menjadi sosok apa adanya yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak baik-baik, ya!

1. Berbuat sesuai dengan kapasitas yang dimiliki

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagiailustrasi seorang wanita (pexels.com/Adrienn)

Cara pertama untuk menjalani hidup dengan apa adanya yakni belajar untuk bertindak sesuatu sesuai dengan kapasitas masing-masing. Artinya, ketika kamu sadar akan batas kemampuan yang dimiliki, maka janganlah kamu terlalu menggebu-gebu untuk melampauinya.

Pada dasarnya, sesuatu yang terlalu dituntut itu tidaklah baik, perlahan bisa hancur dengan sendirinya. Sehingga, berbuatlah seperlunya tanpa dilebih-lebihkan.

2. Tidak memaksakan diri dalam segala hal

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagiailustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki rumah mewah tentu menjadi impian banyak orang. Namun, kamu tidak bisa memaksakan hal demikian untuk dimiliki ketika kamu pun belum sanggup melakukannya. Perumpamaan demikian juga berlaku pada setiap hal.

Karena memaksakan sesuatu hanya akan menciptakan beban baru bagi diri sendiri yang tak ada habisnya. Alih-alih menikmati hidup dengan baik, justru pikiran semakin berkecamuk lantaran kamu selalu memaksakan sesuatu yang boleh jadi hal demikian belum saatnya ditakdirkan untukmu.

Baca Juga: Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara Ini

3. Tidak termakan oleh gengsi semata

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagiailustrasi pribadi yang dewasa (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Gengsi kerap menjadi tameng setiap orang untuk menutupi kekurangan yang dimiliki. Padahal tidak apa-apa jika orang lain mengetahuinya. Toh, setiap orang diciptakan dengan porsi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Menjalani hidup dengan apa adanya bisa dimulai dengan tidak memedulikan mengenai gengsi. Karena perasaan itu hanya akan membuatmu bersembunyi dari kelemahan. Padahal mengakuinya akan membuatmu terbuka untuk belajar hal baru.

4. Menjalani pilihan hidup dengan penuh keyakinan

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagiailustrasi penuh keyakinan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masa bodoh ketika orang lain berusaha menyetir pilihan hidupmu. Karena yang benar-benar tahu persis mengenai apa yang kamu dambakan adalah dirimu sendiri.

Sehingga hidup apa adanya diperlukan supaya kamu tidak terlalu memikirkan omongan orang lain yang mengganggu. Lebih baik fokus pada apa yang saat ini kamu pilih. Sebab setiap pilihan pasti punya risiko masing-masing dan tugasmu adalah menerimanya.

5. Menciptakan bahagia melalui hal sederhana

5 Cara Menjadi Sosok yang Apa Adanya, Hidup Bersahaja tapi Bahagiailustrasi tersenyum (pexels.com/Pixabay)

Sejatinya setiap orang berhak merasa bahagia. Namun seringnya mereka menutup kebahagiaan itu dengan terlalu banyak tuntutan. Padahal bahagia bisa diciptakan dengan cara sederhana. Seperti saat kamu mencoba bersyukur atas hal kecil dalam hidup. Itulah bagian dari seni menjalani hidup apa adanya.

Pada akhirnya, tujuan hidup dari setiap individu bermuara pada rasa damai dan tenang. Kunci dari itu adalah kesederhanaan dan sikap apa adanya terhadap hal-hal yang ada di dalam diri maupun di luarnya.

Lebih baik, jalani hidup ini dengan pikiran yang santai. Karena hidup apa adanya akan membawamu pada ketenangan. Prinsipnya adalah mengikuti alur yang ada dengan tetap melakukan upaya terbaik sesuai dengan porsinya tanpa mementingkan sesuatu yang berada di luar kendali.

Baca Juga: Belajar Hidup Minimalis, Ketahui 8 Istilah dan Konsep Ini

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya