Comscore Tracker

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara Ini

Mengenal diri menjadi dasar untuk membuat keputusan terbaik

Setiap manusia memiliki keunikan masing-masing di dalam dirinya. Hal ini mencakup fisik, kepribadian, maupun potensi yang dimiliki. Namun, sering kali kita terlalu melihat kekurangan ketimbang menggali kelebihan yang dimiliki karena berfokus pada standar yang dibuat orang lain.

Hal ini membuat kita merasa tidak puas dengan apa yang dimiliki sehingga berdampak buruk bagi mental.  Kita jadi lebih sering merasa insecure, tidak berguna, bahkan mengalami krisis identitas. 

Untuk mencegah perasaan-perasaan negatif tersebut, kita perlu lebih dalam mengenal diri sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Meningkatkan self-awareness

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara IniIlustrasi wanita menikmati pemandangan (pexels.com/RyannielMasucol)

Self-awareness merupakan kemampuan seseorang dalam memahami dirinya sendiri baik perasaan, pikiran, hingga evaluasi diri. Hal ini memberikan manfaat besar untuk menentukan tujuan hidup, merespons sesuatu yang datang dari luar diri, hingga penerimaan penuh terhadap diri sendiri. 

Selain itu, meningkatkan self-awareness juga dapat melatih kita berempati kepada orang lain. Oleh karenanya, cobalah untuk mengenali apa yang menjadi kekuatan, motivasi, kekurangan, dan potensi yang ada di dalam dirimu. 

2. Banyak mencoba hal baru

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara IniIlustrasi mencoba hal baru (pexels.com/Thirdman)

Banyak mencoba hal baru merupakan salah satu cara untuk mengenal diri sendiri. Cobalah untuk mendalami hobi, kemampuan baru, memperluas koneksi pertemanan, dan hal-hal positif yang dapat dilakukan.

Jangan ragu untuk mencoba hal yang awalnya kurang kamu sukai sekalipun, selama itu positif. Dengan begitu, kamu akan mengetahui hal apa yang menjadi kesukaanmu sehingga dapat dilanjutkan menjadi kebiasaan baik maupun keahlian yang terasah. 

Baca Juga: Terkesan Sepele, 5 Hal Ini Penting bagi Perkembangan Dirimu

3. Deteksilah reaksi kita terhadap sesuatu

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara IniIlustrasi reaksi seorang pria (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Hal paling mudah dalam belajar mengenali diri sendiri ialah mendeteksi reaksi kita terhadap sesuatu yang datang kepada kita. Misalnya, bagaimana kamu bereaksi terhadap seseorang yang marah kepadamu, meraih pencapaian dalam karier, kehilangan sesuatu yang berharga, maupun sesuatu yang lain di luar dirimu.

Apakah sesuatu tersebut membawa respons bahagia, senang, sedih, marah, dan sebagainya? Dari situ, kita bisa lebih mengetahui perlahan siapa dan seperti apa diri kita sebenarnya.

4. Identifikasikan nilai yang kamu anut dalam hidupmu

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara IniIlustrasi saling merangkul (pexels.com/fauxels)

Setiap orang memiliki nilai dan pegangan masing-masing di dalam kehidupannya. Nilai-nilai ini diperoleh seseorang dari didikan dalam lingkungan keluarga, pendidikan, hingga hingga lingkungan pertemanan dan masyarakat. Nilai tersebut sifatnya dinamis dan akan terus berkembang atau berubah seiring berjalannya waktu.

Oleh karenanya, deteksilah apa yang menjadi nilai dalam dirimu. Karena nilai itulah yang secara sadar dan tidak sadar membuat kamu bergerak menentukan pilihan-pilihan dalam hidupmu.

5. Menerima diri sendiri

Ingin Mengenal Diri Sendiri? Terapkan 5 Cara IniIlustrasi menerima diri sendiri (pexels.com/AngelaRoma)

Hal yang tidak kalah penting dalam proses mengenali diri sendiri ialah penerimaan terhadap diri sendiri. Kedengarannya memang mudah, namun banyak orang yang kesulitan melakukannya karena masih terpaku pada standar yang dibuat orang lain.

Kesulitan menerima diri sendiri terjadi disebabkan karena berbagai faktor, baik faktor yang timbul dalam diri sendiri  seperti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kemudian, faktor luar seperti perkataan buruk dan stigma orang lain juga berpengaruh dalam penerimaan diri.

Nah, kelima poin tersebut merupakan cara-cara yang dapat diterapkan untuk mengenali diri sendiri. Namun patut diingat, hal ini membutuhkan proses dan waktu yang berbeda untuk masing-masing orang. Jadi, jangan menyerah untuk menggali kekuatan dan potensi dalam dirimu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Unik Atasi Rasa Jenuh dalam Rutinitas Harian, Ampuh!

Sasi Nursanti Photo Community Writer Sasi Nursanti

Book Addicted, Coffee Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya