Comscore Tracker

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa Sulit

Setiap badai pasti ada akhirnya

Masa-masa sulit dalam hidup sering kali tidak bisa dihindari. Ketika berbagai masalah muncul atau ujian hidup yang berat menghampiri, mau tak mau kamu harus menghadapinya.

Meski terasa berat, dirimu sebenarnya memiliki kemampuan untuk melewati ujian tersebut. Berikut adalah lima kemampuan yang membuatmu bertahan di masa-masa sulit. Cek, yuk!

1. Mampu bersabar dengan ujian hidup

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa SulitPexels.com/Andrea Piacquadio

Orang yang sabar akan bertahan, sehingga kamu membutuhkan keberanian dan mental baja untuk mencapai ketinggian yang tinggi. Kesabaran tidak lain adalah kekuatan, karena itu memungkinkan kita untuk bertahan hidup di masa-masa sulit tanpa mengeluh atau protes terlalu banyak. Ketika kita meningkatkan kesabaran kita di saat-saat sulit, kita bisa optimis tentang kemampuan kita untuk melewati masa-masa sulit.

2. Mampu menghadapi masalah dengan berani

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa SulitPexels.com/Mikhail Nilov

Ketika kamu merasa frustrasi dengan suatu masalah, kamu selalu berusaha untuk tenang sebelum mencari solusi terbaik. Besar kecilnya masalah, kamu mencoba menyelesaikan masing-masing sesuai dengan kemampuanmu.

Jangan berlebihan dengan masalah. Kamu tidak pernah mengungkit masalah kecil yang dramatis atau bahkan membesar-besarkannya, dan kamu tidak pernah lari dari masalah. Itu adalah tanda bahwa kamu mempunyai kekuatan yang cukup untuk bertahan di masa-masa sulit ini.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!

3. Masih mampu tersenyum

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa SulitPexels.com/Yaroslav Shuraev

Saat kamu bercermin atau ketika kamu merasa kesepian, kamu selalu bisa tersenyum dengan tulus. Akan ada tangis dan kesedihan, tapi kamu selalu bisa menyisipkan senyuman di tengah itu semua.

Mampu tersenyum merupakan tanda positif bahwa kamu memiliki jiwa yang kuat dan tangguh untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan hidup.

4. Punya prinsip hidup yang kuat 

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa SulitPexels.com/Andre Furtado

Ketika kamu bisa mengendalikan hidup kamu, kamu selalu menjaga kesabaran kamu. Pegangan hidup yang kuat membantu kamu untuk tidak mudah putus asa atau menyerah saat menghadapi sesuatu.

Dari segi agama, kamu bisa memperkuat keimanan kamu kepada Yang Maha Kuasa. Secara mental, kamu bisa menguatkan diri melalui hal-hal yang bisa mendatangkan rasa nyaman dan tenang.

5. Mampu mengelola stres dengan baik

5 Kemampuan yang Membuatmu Bertahan di Masa-masa SulitPexels.com/Pavel Danilyuk

Manusia modern dihadapkan pada krisis besar. Otak manusia tidak dirancang untuk hidup dalam kesendirian yang berkepanjangan, maupun untuk menerima terlalu banyak informasi. Manusia modern juga mempunyai tingkat kortisol yang tinggi, membuat kamu lebih rentan terhadap stres.

Namun, selama kami memiliki cara sendiri untuk mengelola stres, kamu dapat menjaga kewarasan diri yang merupakan hal penting untuk bertahan dalam masa-masa sulit. Salah satunya adalah dengan memiliki support system yang baik, misalnya orang-orang yang mendukungmu.

Semoga apapun masalah dan masa sulit yang sedang kamu hadapi, kamu dapat menghadapi dan menanganinya dengan baik. Terima kasih sudah bertahan sejauh ini. Semangat menjalani hidup.

Baca Juga: Lakukan 6 Self-regulation Ini untuk Menghalau Emosi Negatif

Amelia Rosa Photo Community Writer Amelia Rosa

Just a Beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya