Comscore Tracker

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!

Buang jauh-jauh pikiran negatif

Memiliki positive vibe pastinya diinginkan oleh semua orang. Sebenarnya, menjadi pribadi yang lebih positif dapat dilakukan dengan beberapa cara yang tergolong cukup mudah. Namun, kita cenderung tidak menyadarinya dan terus memupuk pikiran negatif dalam diri.

Melalui penjelasan di bawah ini, kamu akan mengetahui cara membangun atmosfer positif yang bisa dilakukan sehari-hari. Oleh karena itu, mari simak dan praktikkan agar pikiran negatif langsung terhempas jauh-jauh!

1. Berhenti overthinking

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!ilustrasi berpikir (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Overthinking nyatanya memiliki dampak yang buruk bagi kehidupan kita. Memikirkan suatu hal secara berlebihan membuat pikiran tidak tenang dan mudah stres. Akhirnya, kita pun hanya fokus pada hal-hal negatif pada suatu masalah yang dipikirkan.

Kebiasaan overthinking harus segera dihentikan. Kamu harus tau bahwa tidak semua hal dapat kita kendalikan. Daripada overthinking memikirkan apa yang akan terjadi, lebih baik kita mengikuti alur sebagaimana mestinya saja.

2. Hindari prasangka buruk kepada orang lain

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!ilustrasi berprasangka buruk (pexels.com/RODNAE Productions)

Terkadang, kita terlanjur memiliki prasangka buruk kepada orang lain. Padahal, belum tentu hal tersebut benar karena kita belum mengenal orang tersebut sepenuhnya. Sebaiknya, kita tanamkan pikiran positif dalam diri agar prasangka buruk dan pikiran negatif tidak muncul.

Berprasangka baik kepada orang lain membuat kita dapat memancarkan vibe yang lebih positif. Memiliki vibe yang positif juga membuat kita dapat dengan mudah berteman dengan orang baru tanpa memikirkan hal-hal negatif. Dengan begitu, kita akan terhindar dari konflik yang tidak perlu.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Pribadi Bermental Sehat, Lebih Bahagia!

3. Berperilaku sopan dan ramah

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!ilustrasi tertawa (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Sopan santun dan keramahtamahan adalah cara yang ampuh untuk menjadi pribadi yang lebih positif. Sopan santun harus kita tanamkan di setiap situasi dan kepada semua orang, bahkan teman kita sendiri. Sopan santun dapat dilihat dari cara berpenampilan, perilaku, hingga tutur kata.

Mulai sekarang, cobalah untuk menghindari tutur kata yang kasar. Walaupun sepele, tetapi cara berbicara dapat menampilkan image kita di mata orang lain. Tak ada salahnya untuk memelihara perilaku sopan dan keramahan kepada orang lain. Percayalah, efek dari kedua hal tersebut sangat besar untuk menimbulkan vibe yang positif.

4. Berhenti menuntut kesempurnaan

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!ilustrasi frustasi (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap orang selalu menginginkan segala sesuatu berjalan dengan sempurna. Jika ada yang tidak sesuai harapan, maka kita akan menyalahkan diri sendiri. Perilaku seperti ini sangat merugikan apabila terus kita lakukan.

Memang, tidak ada salahnya mengharapkan sebuah kesempurnaan. Namun, kita harus bisa menerima apabila hal tersebut tak sesuai harapan. Hal ini agar kita memiliki hati yang lapang dan dapat memandang suatu hal dengan lebih positif.

5. Yakin kepada diri sendiri

5 Cara Membangun Atmosfer Positif dalam Diri, Stop Khawatir!ilustrasi wanita (pexels.com/Tim Douglas)

Apakah kalian tahu, aura positif dapat hilang jika kita tidak memiliki rasa percaya diri. Perasaan seperti minder, takut, dan menganggap diri sendiri berada di bawah orang lain membuat kita terus berpikiran negatif. Lantas, bagaimana untuk menghentikannya?

Mulai sekarang, percayalah pada dirimu sendiri. Berpikirlah bahwa kamu juga memiliki kemampuan dan teruslah bergerak maju. Rasa kepercayaan kepada diri sendiri membuat kita menjadi lebih bersemangat dan optimis.

Menghadirkan atmosfer positif dalam diri nyatanya dapat dilakukan dari hal-hal kecil, seperti mengendalikan perilaku dan cara berpikir, hingga memupuk kepercayaan diri. Menjadi pribadi yang lebih positif membuat kita tidak takut untuk melangkah maju dan membuat peluang-peluang di masa depan terbuka dengan lebar.

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

Desti Ani Photo Community Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya