TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Memasang Pagar, Pikirkan Tetangga

Pagar bisa melindungi sekaligus bikin rumah lebih estetis

ilustrasi pagar (Pixabay.com/Pezibear)

Salah satu elemen penting rumah adalah pagar. Pagar dapat menambahkan keamanan dan juga keindahan penampilan rumah secara keseluruhan. Dengan adanya pagar halaman, akan memberikan batasan yang jelas area untuk aktivitas pemilik rumah dengan jalanan  umum dan juga tetangga kanan kiri.

Memilih pagar memerlukan kejelian agar dapat memenuhi fungsi yang diharapkan sekaligus menambah nilai estetis rumah. Berikut 6 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih dan memasang pagar agar tepat guna.

1. Pahami kebutuhan

ilustrasi pagar (Unsplash.com/ Randy Fath)

Kamu harus menetapkan dengan jelas terlebih dahulu apa yang ingin kamu capai dari pembangunan pagar di halaman kamu. Apakah hanya sekedar sebagai pembatas, untuk keamanan, untuk alasan estetika, atau untuk kepentingan menjaga privasi.

Perbedaan kebutuhan ini tentunya akan memengaruhi jenis pagar yang akan dipilih. Mulai dari bahan atau material, ukuran dan juga bentuk pagar.

2. Tentukan anggaran

ilustrasi pagar (Unsplash.com/ Babak Habibi)

Pagar dengen berbagai jenis dan bentuk tentunya memiliki harga yang bervariasi juga. Kamu bisa mulai dengan menghitung harga satuan pagar dikalikan dengan berapa jumlah unit atau luasan pagar yang kamu butuhkan.

Kamu akan memperoleh perkiraan biaya secara keseluruhan. Lalu pilihlah sesuai dengan jumlah anggaran yang kamu alokasikan untuk pembangunan pagar ini. Jangan lupa juga untuk memasukkan biaya tenaga pemasangan pagar ke dalam perhitungan komponen biaya.

Baca Juga: Memanfaatkan Seni Makrame untuk Dekorasi Rumah, Unik Banget!

3. Perhatikan material pagar

ilustrasi pagar (Pixabay.com/ PIRO4D)

Pemilihan material atau bahan pembuat pagar dapat disesuaikan dengan tujuan awal pembuatan harga dan juga faktor harga. Kamu dapat melakukan survei atau riset kecil-kecilan untuk membandingkan setiap jenis bahan pagar yang ditawarkan.

Misalnya saja pagar berbahan kayu, besi, aluminium, vinyl dan lain-lain. Cari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai bahan pertimbangan. Jangan lupa untuk membatasi pencarian sesuai anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

4. Sesuaikan dengan kebijakan lingkungan

ilustrasi pagar (Pexels.com/ Brett Sayles)

Bagi kamu yang tinggal di kompleks perumahan mungkin ada baiknya kamu memeriksa kembali peraturan kompleks tempat kamu tinggal. Kadang-kadang ada aturan tertentu atau khusus dalam pemasangan pagar. Misalnya saja untuk kepentingan harmonisasi lingkungan kompleks secara keseluruhan, bisa saja ada ketentuan batasan terkait material pagar, bentuk dan desain pagar, hingga ukuran ketinggian pagar.

Konsultasikan dengan penanggung jawab kompleks perumahan atau ketua lingkungan. Kamu harus bisa berkompromi apabila ada hal-hal yang kamu inginkan namun tak sesuai dengan policy kompleks perumahan. Kamu bisa mencari alternatif lain yang lebih sesuai dan tidak menimbulkan kontra. Hal ini akan menghindarkan kamu dari konflik dengan masyarakat sekitar tempat tinggal kamu.

5. Tentukan titik pemasangan pagar

ilustrasi pagar (Unsplash.com/ Vidar Nordli-Mathisen)

Kamu harus menentukan titik yang tepat untuk menempatkan pagar halaman kamu. Pastikan kamu tidak melanggar batas halaman dan justru memasang pagar di  titik area yang masuk dalam kepemilikan lahan tetangga kamu. Bisa-bisa kamu menuai protes dan harus membongkar ulang pagar yang sudah dipasang.

Lebih baik lagi jika kamu melibatkan tetangga kamu saat melakukan pengukuran ulang. Dengan begitu, tetangga kamu akan tahu rencana kamu memasang pagar. Jika saat menentukan titik batas terdapat perbedaan pendapat, kamu bisa mendiskusikannya baik-baik. Jika perlu, tunjukkanlah dokumen sebagai data dukung penentuan titik dan ajaklah pihak ketiga seperti ketua lingkungan untuk ikut menyaksikan dan menengahi.

Kamu sekaligus bisa memanfaatkan momen ini untuk menjelaskan tujuan kamu memasang pagar agar tak timbul kesalahpahaman. Bagaimanapun juga, penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan tetangga sebagai orang-orang yang tinggal dekat dengan rumah kita.

Baca Juga: 7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!

Verified Writer

Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya