Comscore Tracker

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!

Mencari ART ibarat mencari keluarga baru

Tidak semua pekerjaan rumah tangga dapat ditangani sendiri. Bukan saja keluarga dengan anak-anak yang masih kecil yang belum bisa membantu aktivitas rumah tangga, tetapi juga keluarga dengan anak-anak yang sudah dewasa. 

Karena itu, banyak keluarga yang membutuhkan jasa Asisten Rumah Tangga (ART) untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah yang tidak dapat dikerjakan sendiri. Tetapi, mendapatkan asisten rumah tangga yang baik apalagi yang sesuai kebutuhan bukanlah hal yang mudah.

Sebagaimana perusahaan mencari karyawan, sebuah keluarga juga perlu melakukan pencarian ART dengan cermat agar tak salah pilih dan menyesal kemudian. Berikut tujuh tips mencari ART yang bisa kamu terapkan.

1. Manfaatkan yayasan penyalur ART

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/ Cottonbro)

Saat ini sudah banyak yayasan yang bergerak dalam bidang penyediaan ART. Namun kamu tetap perlu berhati-hati saat mencari ART melalui yayasan. Kamu perlu mencermati langkah mencari yayasan yang tepat yang akan membantumu mencari ART.

Periksa rekam jejak yayasan baik melalui website, media sosial dan juga orang yang pernah menggunakan jasa yayasan tersebut. Pastikan bahwa yayasan tersebut memang bonafide dan dapat dipercaya dengan track record yang baik.

2. Cari melalui kerabat atau teman dekat 

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/Shvets Production)

Kamu juga bisa mencari ART dengan meminta bantuan kepada kerabat atau teman dekat yang kamu percaya. Mereka tentunya akan berusaha membantumu memberi informasi jika kebetulan mereka mempunyai kandidat ART yang kamu butuhkan.

Jangan lupa untuk menyampaikan kepada kerabat atau teman dekat kamu tentang kriteria yang kamu harapkan dari ART yang nantinya akan bekerja di rumah kamu. Hal ini untuk memberi gambaran jelas kepada mereka tentang sosok ART yang akan mereka rekomendasikan dan mengurangi risiko ketidakcocokan antara kamu dan ART pilihan mereka.

3. Lakukan interview awal 

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/ Cottonbro Studio)

Walaupun nantinya ART akan menangani pekerjaan rumah tangga, kamu tetap perlu melakukan wawancara  awal. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran kepribadian dan karakter serta cara kerja calon ART kamu.

Selain itu, ini adalah waktu yang tepat bagimu untuk menyampaikan apa yang kamu harapkan dari calon ART kamu jika nanti bekerja di rumahmu. Jelaskan tugas-tugas yang harus dikerjakan serta ketentuan-ketentuan khusus yang kamu buat.

Jika calon ART tak setuju, kamu bisa mempertimbangkan kandidat lain. Tetapi ingatlah untuk tidak membuat permintaan-permintaan yang kurang wajar dan berlebihan.

Baca Juga: 6 Tips Membeli Baju Anak secara Online, Biar Gak Salah Beli!

4. Percayai intuisi kamu 

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/ Cottonbro)

Kamu sebaiknya memercayai intuisi kamu saat mencari ART. Kamu bisa mendengarkan kata hatimu saat menilai penampilan dan melakukan pembicaraan dengan calon ART kamu. Jangan paksakan menerima calon ART jika kamu merasa kurang sreg.

Kamu bisa menilai calon ART kamu dari caranya menjawab pertanyaan dan juga bahasa tubuhnya. Jika kamu merasa ada yang janggal dan kurang berkenan di hati, sebaiknya kamu tak menerimanya.

5. Libatkan anggota keluarga

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi mengasuh anak (Pexels.com/Cottonbro)

ART nantinya akan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga dan tinggal di rumah kamu. Karena itu, penting untuk meminta pendapat anggota keluarga terhadap calon ART.

Walaupun kemungkinan kamu tak dapat memenuhi keinginan semua orang dalam keluarga, tetapi pendapat mereka tetap bisa kamu jadikan salah satu pertimbangan saat memilih  ART. Terutama anggota keluarga yang nantinya paling banyak berinteraksi dengan ART. Seperti misalnya ART yang salah satu tugasnya adalah mengurus anak kecil, cobalah untuk mempertemukan calon ART dengan si anak dan perhatikan reaksinya.

6. Periksa latar belakang calon ART

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/Shvets Production)

Tak ada salahnya untuk memeriksa latar belakang calon ART. Terutama jika kamu sama sekali belum pernah mengenalnya. Ini berguna untuk ketenangan kamu nantinya jika sudah setuju untuk memperkerjakannya.

Ada beberapa cara untuk mengetahui latar belakang calon ART. Jika kamu mencarinya dari yayasan, kamu bisa menanyakan kepada yayasan hal-hal umum yang ingin kamu ketahui. Misalnya asal daerah, pendidikan atau pelatihan yang sudah diikuti dan sebagainya. Yayasan semestinya bisa menunjukkan dokumen pendukung sebagai bukti berupa salinan kartu identitas calon ART dan bukti sertifikasi.

Jika calon ART adalah hasil saran dari orang yang kamu kenal, kamu bisa meminta rekomendasi dari orang yang pernah memperkerjakannya dan menanyakan pengalaman mereka saat menggunakan jasa calon ART ini.

7. Tidak langsung memperkerjakannya 

7 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga, Jangan Asal Pilih!ilustrasi asisten rumah tangga (Pexels.com/ Cottonbro)

Jika kamu mencari ART dari yayasan, kamu tak harus buru-buru menyetujui kontrak kerja sama. Apabila memungkinkan, kamu bisa meminta waktu uji coba untuk menilai pekerjaan calon ART dan juga kecocokannya dengan keluarga kamu. Jika selama waktu uji coba tak sesuai harapan, kamu bisa meminta kandidat lain dari yayasan. Tetapi hal ini tentunya tergantung kebijakan dari masing-masing yayasan.

Uji coba juga bisa kamu lakukan jika kamu mendapatkan calon ART dari rekomendasi kerabat atau teman dekat. Beritahukan kepada calon ART dan juga pemberi rekomendasi bahwa kamu memberlakukan masa uji coba sebelum menerima calon ART bekerja di rumah kamu.

Mencari ART yang cocok memang tak mudah. Kamu tentunya menginginkan ART yang ideal yang dapat membantu pekerjaan rumah tangga secara maksimal. Tetapi kamu harus ingat untuk tak membuat standar yang kelewat tinggi.

Jangan lupa bahwa ART juga manusia biasa yang punya kelebihan dan kekurangan. Jika kekurangannya bukanlah hal yang prinsip bagimu, cobalah berkompromi agar kamu tak menghabiskan waktu mencari calon ART yang sesuai ekspektasi kamu tanpa hasil.

Baca Juga: 5 Pikiran Negatif Ini Wajib Dihindari saat Hamil

Dream Praire Photo Community Writer Dream Praire

Menulis, membaca, officer. IG :@Dream_Praire

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya