Comscore Tracker

Batik Slobog, Batik Khas Jogja yang Bermakna Duka

Jangan asal digunakan dalam keseharian, ya!

Batik Slobog menjadi salah satu batik khas Yogyakarta yang memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Jenis batik satu ini juga sering digunakan oleh masyarakat modern saat ini.

Tak kalah dengan desain lain, batik kini menjadi salah satu fashion yang bagus untuk digunakan. Namun, sebaiknya kamu harus mengetahui dulu makna dari setiap batik.

Seperti pada batik Slobog ini, kamu tidak boleh sembarangan menggunakannya, lho. Penasaran dengan alasannya? Yuk, simak fakta-fakta tentang batik Slobog di bawah ini.

Baca Juga: 5 Motif Batik Jogja dan Filosofinya, Ada yang Melambangkan Kesuburan!

1. Ulasan singkat tentang batik Slobog

Batik Slobog, Batik Khas Jogja yang Bermakna DukaBatik Slobog (daniaku.com)

Batik Slobog memang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Namun sayangnya, masih banyak yang salah menggunakan jenis batik asal Jogja satu ini. Motif Slobog memang terlihat menawan dengan tampilan motif berbentuk geometris yang bisa memikat para pecinta motif bergaris.

Bentuk persis dari motif batik ini adalah kotak-kotak kecil yang dipisahkan oleh dua buah garis. Dengan demikian, motif tersebut kemudian membentuk empat potongan segitiga, dan motif ini juga dihiasi dengan bintik-bintik kecil.

2. Makna dan filosofi batik Slobog

Batik Slobog, Batik Khas Jogja yang Bermakna DukaBatik Slobog (kebudayaan.pdkjateng.go.id)

Meski tampilan dari bentuk motif dan warna terlihat cukup menarik, tapi batik Slobog ini mempunyai makna yang cukup menyedihkan. Jenis batik ini memiliki makna mendalam yang dikhususkan bagi orang yang telah meninggal.

Makna Slobog itu sendiri adalah longgar atau dengan kata lain orang yang meninggal bisa lebih mudah saat menghadap yang Maha Kuasa. Batik ini biasa digunakan untuk menutupi jenazah, ataupun digunakan saat menghadiri acara pemakaman.

3. Pemakaian batik Slobog

Batik Slobog, Batik Khas Jogja yang Bermakna DukaBatik Slobog (twitter.com/pariwisatasolo)

Batik Slobog ini baiknya digunakan saat acara pemakaman. Hal ini menjadi doa supaya keluarga diberi kesabaran dan ketabahan. Motif batik satu ini paling pantang digunakan untuk dipakai saat pernikahan ataupun syukuran.

Demikianlah ulasan singkat tentang batik Slobog yang perlu kamu ketahui. Zaman sekarang batik sudah banyak dikreasikan dengan bebas. Namun, ada baiknya jika tetap mengetahui filosofi dan makna batik agar tidak salah dalam berpakaian.

Baca Juga: Batik Semen, Motif Batik Andalan Jogja yang Menyimpan Harapan Baik

Topic:

  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya