Comscore Tracker

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk Kucing

Jangan lagi kasih makan ikan mentah ya!

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang menjadi teman setia manusia. Walau terkadang menyebalkan, nyatanya kucing bisa jadi hiburan saat sedang lelah dan bosan.

Saking sayangnya, kamu pasti ingin berikan apa pun yang terbaik untuk kucingmu, dari perawatan sampai makanan. Tapi tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan yang biasa dikonsumsi manusia, dilarang diberikan untuk kucing kesayanganmu. Di bawah ini terdapat makanan yang dilarang diberikan untuk hewan kesayanganmu. 

 

1. Telur Mentah

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk KucingIlustrasi telur ayam. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Memang rasanya membosankan jika kucing terus diberi makan yang itu-itu saja, tapi jangan sekalipun punya pikiran memberi kucing telur mentah.

Dilansir dailypaws.com, telur mentah berbahaya buat kucing. Alasannya sama dengan yang ditakutkan pada manusia, adanya bakteri salmonella bisa membuat kucing jadi muntah sampai diare. Selain itu, terdapat enzim avidin pada telur mentah yang bisa menyebabkan kulit dan bulu kucing bermasalah.

2. Minuman mengandung Alkohol

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk Kucingilustrasi alkohol (unsplash.com/@gitfo)

Jika kamu adalah peminum alkohol, sebaiknya hindari sejauh mungkin. Memang aroma alkohol gak akan menarik buat kucing, tapi apa salahnya hati-hati? Dilansir laman cattime.com, jika kucingmu menjilat, kamu harus memperhatikan berapa banyak kucing meminumnya.

Jika hanya sekadar menjilat, kamu sebaiknya segera mencuci bagian wajahnya supaya gak ada lagi yang bersisa. Namun kalau sudah terlanjur banyak, segera pantau adanya gejala yang mungkin menyerang kucing. Alkohol bagi kucing bisa menyebabkan diare, kerusakan hati, sampai meninggal. 

Baca Juga: 7 Lokasi Prewedding Outdoor Jogja, Romantis dan Memesona!

Baca Juga: 5 Fakta Unik tentang Pesawat, dari Klakson hingga Menu Makanan 

3. Ikan mentah

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk KucingIlustrasi Ikan yang dijual di Pasar Ikan (IDN Times/Lia Hutasoit)

Hayo, kamu masih suka kasih ikan mentah ke kucing, yuk berhenti melakukannya! Kucing memang suka makan ikan, tapi gak disarankan untuk memberi ikan mentah. Berdasarkan laman litter-robot.com, ikan mentah mengandung kotoran dan bakteri.

Di dalam ikan mentah, terdapat bakteri E. Colli dan salmonela yang bisa membuat keracunan dan diare. Buruknya, ikan mentah bisa membuat kucing kamu alami penurunan nafsu makan sampai kejang karena terdapat enzim thiaminase.

4. Cokelat

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk Kucingilustrasi cokelat (pixabay.com/Enotovyj)

Siapa sih yang gak doyan cokelat? Si manis satu ini bahkan bisa naikkan mood untuk mereka yang mengonsumsi. Sayangnya, jangan pernah memberikan cokelat pada kucing kesayanganmu.

Alasannya cokelat mengandung theobromine, jika dimakan maka bisa menyebabkan kucing mengalami tremor, jantung berdegup tidak teratur dan parahnya bisa menyebabkan kematian untuk si bulu. Nah risiko terkecil adalah mengakibatkan kerontokan bulu kucing. Meskipun anabul sangat penasaran dan ingin coba cokelatmu, jangan sampai termakan, ya!

5. Makanan yang mengandung xylitol

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk Kucingilustrasi permen karet (unsplash.com/@photoswithgabe)

Patut dijadikan perhatian untuk kamu dan sampaikan ke semua orang yang pelihara kucing, jangan sampai ada permen, permen karet, pasta gigi atau makanan apa pun yang mengandung Xylitol tercecer, lalu termakan oleh kucingmu.

Dikutip laman DailyPaws.com, kucing yang mengonsumsi apa pun yang mengandung Xylitol bisa menurunkan insulin pada kucing dan menyebabkan kadar gula rendah dan terparah mengakibatkan gagal hati.

6. Roti yang mengandung ragi

Hati-hati, 6 Makanan Manusia Ini Jadi Racun untuk KucingIlustrasi roti (travellingyuk.com)

Menurut laman DailyPaws.com, gak semua roti bagus bagi kucing. Apalagi roti yang mengandung adonan ragi, bisa membuat pencernaannya bermasalah. Alasannya ragi dapat menyebabkan gas menumpuk.

Ragi akan membuat perut kucing jadi kembung dan terasa melilit, tentu masalah yang fatal kan? Mulai sekarang, perhatikan lebih dulu mengenai kandungan roti sebelum diberikan pada kucing, ya!

Mempunyai hewan peliharaan perlu banget untuk membekali diri dengan informasi makanan yang pas. Yuk lebih hati-hati supaya kucingmu panjang umur!

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya