TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Mahasiswa UNY Kembangkan Aplikasi AR Bantu Siswa Belajar

Aplikasi Pin.Ar ini bisa digunakan melalui ponsel Android

Aplikasi Pin.Ar besutan mahasiswa UNY. Dok: istimewa

Sleman IDN Times - Pandemik COVID-19 memaksa siswa untuk bisa beradaptasi dengan pembelajaran secara online. Untuk mempermudah siswa dalam mempelajari pelajaran serta menarik siswa agar tidak jenuh saat belajar, sekelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan aplikasi Pin.Ar.

Para mahasiswa itu terdiri dari Kemal Hakim Bachmid dan Faishal Aziz Rahmat dari Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, Khasanah Rahmawati dan Nadila Putri dari Prodi PGSD serta Alifah Raihan Nur Hasanah dari Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Racik Biji Petai Cina, Buat Mi untuk Penderita Diabetes

1. Bisa tingkatkan pemahaman siswa, utamanya pembelajaran tematik

Aplikasi Pin.Ar besutan mahasiswa UNY. Dok: istimewa

Kemal Hakim Bachmid mengatakan, Pin.Ar atau Pintar dan Augmented Reality ini dirancang menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Augmented Reality (AR). Menurutnya, aplikasi ini bisa meningkatkan pemahaman pembelajaran, utamanya pembelajaran tematik. Hal ini untuk mengatasi masalah pihak sekolah yang mengalami kendala berupa menurunnya pemahaman peserta didik saat mengikuti pembelajaran daring.

“Media pembelajaran ini dapat digunakan kapan saja dan di mana saja dengan tampilan objek gambar tiga dimensi (3D) yang dapat dilihat secara langsung oleh siswa,” paparnya.

Dia menjelaskan, objek gambar 3D ini merupakan salah satu keunggulan aplikasi ini karena dapat melengkapi buku pembelajaran di sekolah yang hanya mencakup gambar 2D. Aplikasi ini dapat digunakan pada OS Android minimal 4.4 Kitkat yang bisa digunakan pada telepon pintar ber-RAM rendah.

2. Ada 4 fitur yang disediakan

Aplikasi Pin.Ar besutan mahasiswa UNY. Dok: istimewa

Menurut Faishal Aziz Rahmat, aplikasi Pin.Ar merupakan aplikasi berbasis AR bertipe Marker-Based yang didesain sebagai media pembelajaran tematik kelas V SD. Ada empat fitur yang tersedia dalam aplikasi ini, meliputi fitur scan marker, unduh buku marker, buku pedoman penggunaan dan tentang aplikasi (credits).

Siswa dapat mengakses materi pembelajaran melalui fitur scan marker yang berbentuk logo play. Setelah siswa menekan tombol play dan scan marker maka akan terlihat materi pembelajaran baik dalam bentuk 3D, video animasi, maupun video lagu sesuai dengan materi yang ada pada marker tersebut.

"Aplikasi ini menggunakan kamera dengan device untuk menganalisis marker yang menangkap video. Dengan adanya aplikasi ini dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa dalam pembelajaran," katanya.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Buat Kendali pH Otomatis untuk Limbah Tahu

Berita Terkini Lainnya