Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! 

Jangan menjadi mahasiswa yang pasif

Rangkaian ujian masuk perguruan tinggi sudah selesai, sekitar bulan Agustus 2022 mendatang beberapa kampus mulai menggelar kuliah awal. Bagi kamu mahasiswa baru yang masuk tahun ini, hindari 5 hal ini saat kuliah. Apa saja? 

1. Menjadi mahasiswa pasif di kelas

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! ilustrasi kuliah (Unsplash.com/@punttim)

Tanpa disadari kamu menjadi yang lebih banyak diam, sering titip absen, tidak pernah bertanya. Hal ini akan membuat dosen kurang menyukaimu dan menaruh perhatian.

Apabila kamu sudah memulai kuliah, sebisa mungkin aktif di kelas ya! Keaktifanmu itu bisa menjadi poin plus di setiap mata kuliah. Dengan aktif bertanya ataupun menjawab pertanyaan dosen bisa membuatmu lebih akrab. 

 

2. Tidak mengikuti organisasi

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! Ilustrasi meeting (freepik.com/klingsup)

Organisasi sangat berperan penting memajukanmu menjadi pribadi lebih baik. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dengan mengikuti organisasi. Keuntungan lainnya adalah mempunyai relasi berkualitas, ilmu baru, pengalaman baru, dan hal lainnya yang berdampak sangat baik untuk pengembangan dirimu. Dengan mengikuti organisasi, kamu bisa memahami karakter banyak orang. Tentunya hal tersebut kamu butuhkan, supaya kamu bisa adaptable di dunia pekerjaan nanti. Kamu juga bisa belajar bekerja sama dengan tim dan memecahkan masalah bersama.

 

Baca Juga: 11 Agenda Wisata Jogja di Bulan Agustus, Labuhan hingga Pasar Kangen 

Baca Juga: Kisah Refi, Anak Petani Gunungkidul Dapat Kuliah Gratis di UGM

3. Tidak bisa membagi waktu

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! Ilustrasi jam (IDN TIMES/Aisyah D.)

Hal ketiga ini perlu kamu perhatikan. Buat kamu yang ingin menjadi pribadi sibuk di dunia kuliah, ikut organisasi, bekerja paruh waktu atau mengikuti acara di kampus sangat diperlukan untuk menambah pengalaman kerjamu. Tapi jangan sampai semua kegiatanmu di atas, justru membuatmu tidak bisa membagi waktu. 

 

4. Boros dan sering main tanpa manfaat

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! Ilustrasi boros belanja (Pexels.com/EVG photos)

Terlalu boros dan sering main tanpa manfaat bisa membuatmu menyesal. Sebenarnya memang diperlukan self reward kepada dirimu yang sudah berjuang. Itu juga bentuk kasih sayang pada diri sendiri dan untuk refreshing. Namun, bila kamu melakukannya terlalu sering hingga melupakan peran yang sedang kamu jalani, pasti akan berdampak kurang baik.

Mulai sekarang, yuk belajar menabung, investasi atau hal lain yang baik untuk keuanganmu. 

5. Kurang menyerap informasi seputar dunia kerja dan rencana ke depan

Hindari 5 Hal Ini saat Kuliah, Agar Tak Menyesal! ilustrasi surat lamaran kerja (pixabay.com/trudi1)

Yang terakhir ini biasanya paling sering disesali oleh para mahasiswa yang sudah lulus. Supaya kamu tidak menyesal ada baiknya mulai sekarang mencari informasi seputar dunia kerja dan rencana ke depan. Apakah kamu ingin langsung kuliah S2? Apakah kamu ingin bekerja dahulu sembari mencari beasiswa untuk S2? Atau kamu ingin bekerja di perusahaan yang kamu idamkan? Kamu ingin membangun bisnismu sendiri?

Tanyakan hal itu pada dirimu sendiri. Pelajari lagi soft skill yang kamu butuhkan, percantik CV mu dengan meningkatkan personal branding. Intinya, lakukan apapun yang mendukungmu di dunia pekerjaan nanti.

Nah hindari 5 hal saat kuliah agar tidak menyesal ketika sudah lulus nanti. Selamat dan semangat memasuki dunia perkuliahan untuk para mahasiswa baru. 

Baca Juga: 12 Meme Kocak yang Relate Banget dengan Warga Jogja

Adira Putri Aliffa Photo Community Writer Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya