TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Daun Pisang untuk Membungkus Makanan, Ajaib!

Ternyata kegunaan daun pisang menakjubkan!

Ilustrasi daun pisang (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Tradisi menggunakan daun pisang untuk menyimpan makanan menjadi pilihan di Indonesia. Selain sebagai bahan kemasan alami, daun pisang juga memiliki beberapa manfaat penting dalam menjaga kebersihan dan kesegaran makanan yang disimpan.

Daun pisang juga terbukti memiliki sifat yang luar biasa untuk mempertahankan kesegaran makanan dan mencegah aroma tidak sedap. Ini penjelasan selengkapnya. 

1. Menyerap bau tak sedap

ilustrasi bothok tempe (youtube.com/ Monggo Diorder)

Daun pisang memiliki sifat poros yang dapat menyerap bau tidak sedap pada makanan. Molekul-molekul penyebab aroma yang tidak diinginkan dapat diserap oleh struktur daun pisang, sehingga membantu menjaga makanan tetap segar.

2. Mencegah tercampurnya aroma makanan

choi pan di atas daun pisang (pexels.com/kelvin agustinus)

Salah satu masalah umum dalam penyimpanan makanan adalah tercampurnya aroma antar makanan yang disimpan bersama-sama. Daun pisang bisa bertindak sebagai penghalang alami, sehingga tetap mempertahankan karakteristik aroma khas makanan.

Baca Juga: 5 Tempat Jajan Lupis di Jogja, Manisnya Lumer di Mulut

3. Menyerap kelembaban berlebih

ilustrasi makanan dibungkus daun pisang (instagram.com/ariemadione)

Kelembaban yang berlebihan dapat menyebabkan pembentukan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bakteri dan jamur. Daun pisang mempunyai kemampuan untuk menyerap kelembaban berlebih, dan menjaga makanan lebih kering serta mengurangi risiko kontaminasi.

Verified Writer

Azizatul Mahfida Inayati

Selain suka nulis, juga suka ngonten ;-) IG : fida_azizah IG : rumah_aksara01

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya