Comscore Tracker

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan Biaya

Unggul dalam layanan jantung dan kanker terpadu

Rumah Sakit Dokter Sardjito atau lebih familier dengan RSUP Dr. Sardjito termasuk rumah sakit tipe B yang telah melayani pengobatan sejak 1974. Didukung oleh tenaga medis profesional dan teknologi kesehatan canggih, tidak heran bila RSUP Dr. Sardjito menjadi rumah sakit rujukan yang dipercaya oleh masyarakat.

Rumah sakit ini berlokasi di Kecamatan Mlati, Sleman, Yogyakarta. Layanan rujukan yang diterima di RSUP Dr. Sardjito tidak terbatas layanan medis, melainkan juga layanan rujukan non medis seperti pengembangan pengetahuan serta keterampilan medis dan non medis.

Pendirian RSUP Dr. Sardjito sendiri mulanya digagas oleh seorang dokter dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) yaitu dr. Sardjito, pada 1954. Kala itu ia merasa adanya urgensi untuk memiliki rumah sakit pengobatan yang sekaligus dapat menjadi pusat pendidikan kesehatan. Sehingga pada 1974, rumah sakit Dr. Sardjito diresmikan sebagai rumah sakit tipe B.

Nah, berikut informasi seputar fasilitas, layanan, dan tarif rawat inap di RSUP Dr. Sardjito yang perlu kamu tahu. Simak dan catat sampai habis, ya!

1. Fasilitas yang lengkap dan nyaman

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan Biayagedung Pusat Jantung Terpadu di RSUP Dr. Sardjito (sardjito.co.id)

Sebagai pusat layanan kesehatan ternama, rumah sakit Dr. Sardjito ditunjang fasilitas yang lengkap dan bermutu tinggi demi memberikan kenyamanan bagi pasien. Mulai dari bangsal rawat inap yang bersih, ruang pemeriksaan modern, musala, pusat rehabilitasi, laboratorium dengan peralatan canggih, taman, apotek, kantin, hingga perpustakaan terpadu. Akses antarlantai maupun gedung pun terbantu oleh adanya lift, ekskalator, dan jalur pejalan kaki.

Rumah sakit Dr. Sardjito pun berafiliasi dengan Fakultas Kedokteran (FK) UGM. Dengan begitu, akses lahan untuk penelitian serta pendalaman pengetahuan dan keterampilan kedokteran menjadi lebih mudah bagi mahasiswa kedokteran UGM yang tengah mempersiapkan diri menjadi dokter umum dan dokter spesialis.

Meski demikian, tidak menutup kesempatan bagi mahasiswa kedokteran dari kampus lain yang ingin menjalani praktik koas hingga magang di RSUP Dr. Sardjito, kok.

Baca Juga: 7 Rumah Sakit di Sleman, Pelayanan dan Fasilitasnya Memuaskan

2. Beragam layanan kesehatan yang memuaskan

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan BiayaSimulasi penyakit menular yang dilakukan oleh RSUP dr. Sardjito. IDN Times/Siti Umaiyah

Seperti rumah sakit umum kebanyakan, RSUP Dr. Sardjito memberi pilihan layanan rawat jalan dan rawat inap yang dapat diambil pasien atas saran dokter berdasarkan hasil pemeriksaan. Instalasi gawat daruratnya buka 24 jam, sehingga pasien dengan gejala berat dapat memperoleh penanganan dini secara tepat.

Berikut beberapa layanan kesehatan di RSUP Dr. Sardjito, yaitu:

  • Pusat jantung dan kanker terpadu sebagai layanan unggulan;
  • Cangkok ginjal;
  • Bayi tabung;
  • Eye center;
  • Instalasi farmasi;
  • Instalasi kesehatan anak;
  • Bedah orthopaedi;
  • Bedah saraf;
  • Bedah onkologi;
  • Traumatologi.

Bagi pasien yang memerlukan bimbingan rohani dan ibadah maupun konsultasi spiritual, keluarga pasien dapat mendaftarkan pasien ke unit layanan rohani lima agama, lho. Ada pun instalasi forensik guna keperluan pemeriksaan barang bukti medik hingga identifikasi DNA.

Saat kasus COVID-19 tengah melonjak, RSUP Dr. Sardjito sempat menutup beberapa layanan umum karena dialihkan sebagai lokasi rujukan pasien COVID-19. Kini, layanan tersebut telah dibuka kembali dan menerima pasien umum.

3. Biaya kamar rawat inap per malam

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan Biayakamar VVIP RSUP Dr. Sardjito (sardjito.co.id)

Informasi tarif rawat inap penting diketahui pasien dan keluarga untuk mempersiapkan dana perawatan sedini mungkin. Besaran biaya pemeriksaan dan perawatan tentu berbeda, bergantung pada penyakit, tindakan medis, obat, tipe kelas kamar, hingga lama waktu rawat inap.

Sebagai gambaran, berikut biaya kamar untuk rawat inap per malam di RSUP Dr. Sardjito, yaitu:

1. Kelas VVIP

Dengan tarif kamar mulai dari Rp900.000, fasilitas utamanya meliputi mini pantry, TV, meja kerja, air purifier, Wi-Fi, hingga microwave.

2. Kelas VIP

Dengan tarif kamar mulai dari Rp650.000, fasilitas utamanya meliputi AC, sofa, kulkas, TV, hingga water heater.

3. Kelas I

Fasilitasnya meliputi satu ranjang tidur per kamar, sofa, dan kamar mandi luar.

  • Kelas 1 AC: Rp326.000
  • Kelas 1 Non AC: Rp287.000

4. Kelas II

Fasilitasnya meliputi dua ranjang tidur per kamar dengan kamar mandi dalam.

  • Kelas II AC: Rp217.000
  • Kelas II Non AC: Rp191.000

5. Kelas III

Fasilitasnya meliputi empat ranjang tidur per kamar dengan kamar mandi luar.

  • Kelas III AC: Rp196.000
  • Kelas III Non AC: Rp172.000

4. Menerima pengobatan menggunakan BPJS

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan Biayailustrasi Kartu BPJS (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Jika kamu memiliki BPJS, manfaatkanlah asuransi kesehatan pemerintah tersebut saat melakukan rawat jalan maupun rawat inap di RSUP Dr. Sardjito. Sehingga, beban biaya pengobatan akan terasa ringan.

Namun, perlu kamu tahu juga kalau tidak semua layanan kesehatan dapat ditanggung oleh BPJS. Untungnya, biaya operasi seperti caesar, kista, miom, jantung, tumor, hingga bedah mulut termasuk yang dikover oleh BPJS. Begitupun dengan biaya administrasi pelayanan kesehatan, MRI, dan CT scan atas rekomendasi dokter.

5. Akses info layanan dan kesehatan mudah melalui aplikasi

Rumah Sakit Dokter Sardjito: Fasilitas, Layanan, dan Biayaaplikasi Klik SARDJITO Aja (play.google.com)

Akses layanan ke RSUP Dr. Sardjito semakin efisien dengan kehadiran aplikasi Klik SARDJITO Aja. Sehingga kamu tidak perlu datang ke lokasi terlebih dahulu apabila memang sedang dalam keadaan mendesak untuk segara mendapat layanan di rumah sakit satu ini.

Melalui aplikasi Klik SARDJITO Aja, kamu dapat mengetahui hasil pemeriksaan laboratorium, radiologi, patologi anatomi, info rawat inap, hingga jadwal dokter. Pendaftaran online untuk pemeriksaan pun mudah dilakukan melalui aplikasi ini.

Itulah sekilas mengenai fasilitas dan layanan yang ada di RSUP Dr. Sardjito. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 60 Persen Pekerja di DIY Tak Punya BPJS Ketenagakerjaan

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya