TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Strategi Jaga Berat Badan Bagi Pencinta Jajan, Kuliner Tetap Jalan

Olahraga juga harus konsisten, ya

ilustrasi kulineran (Pexels.com/UMUT DAĞLI )

Bagi pencinta makanan, bertambahnya berat badan merupakan kekhawatiran yang kerap dirasakan. Tak heran akhirnya banyak orang menghindari kulineran dengan alasan takut bobot badan terus-terusan naik. 

Untuk kamu yang hobi kulineran, gunakan lima strategi di bawah ini untuk menjaga berat badan tetap ideal.

1. Jangan kulineran sendirian

Ajaklah teman saat hendak kulineran, apalagi di saat mengunjungi festival kuliner. Di acara seperti ini, kecil kemungkinan kamu hanya membeli satu jenis makanan. Agar bisa jajan banyak jenis makanan, ajak teman yang sama-sama doyan kulineran. Kamu bisa buat kesepakatan, untuk membeli satu porsi dimakan beberapa orang, alhasil kalori yang masuk tidak berlebihan.

2. Perhatikan kandungan makanan minuman

Meskipun hobi kulineran, kamu harus menyadari risiko makan gula, minyak, karbohidrat berlebihan. Kamu harus mempunyai pengetahuan tentang kandungan beragam makanan dna minuman sebelum membelinya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Turunkan Berat Badan, Jangan Salah lagi!

3. Jangan konsumsi karbohidrat berlebihan

Banyak orang merasa, tak akan kenyang atau belum disebut makan jika tidak mengonsumsi nasi. Ingat nasi bisa digantikan dengan kentang, ubi, mie, roti, yang termasuk dalam golongan karbohidrat. 

Jika dalam hidangan sudah ada salah satu sumber karbohidrat, hindari menambahkan karbohidrat jenis lainnya. 

4. Jangan makan lagi

Ketahuilah bahwa rasa kenyang merupakan alarm di tubuh, yaitu perutmu belum membutuhkan makan lagi. Jika habis dari jalan-jalan kamu kembali merasaan lapar, lebih baik konsumsi buah atau minum air saja. 

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya