TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resep Gyoza Vegetarian yang Mudah, Seenak Buatan Restoran

Camilan ramah vegetarian yang enak

ilustrasi resep gyoza vegetarian (unsplash.com/@roghibfn)

Siapa tak tahu gyoza, chinese food yang kini tak kalah populer dengan pao dan mapo. Biasanya gyoza diisi dengan sedikit sayur yang dicampur dengan daging baik dari sapi, ayam, juga babi. Hal ini bikin mereka yang menganut gaya hidup sebagai vegetarian, susah buat menjajal gyoza sehari-hari.

Apakah kamu adalah salah satunya? Tak usah bingung apalagi sedih, coba buat sendiri camilanmu dengan recook resep gyoza vegetarian berikut ini. Mudah, tapi rasanya tak kalah lezat dengan yang pakai daging!

Bahan resep gyoza vegetarian

  1. 40 lembar kulit pangsit
  2. 1-2 sendok makan minyak wijen 
  3. 2 siung bawang putih cincang 
  4. 1 sendok makan jahe cincang 
  5. 1 bawang bombay potong dadu 
  6. 220 gram jamur yang sudah dicincang halus 
  7. 100 gram wortel yang sudah diparut  
  8. 60 gram daun bawang yang sudah dicincang halus cincang 
  9. 180 gram kubis parut
  10. 2 sendok makan kecap asin 
  11. 1 sendok makan cuka beras 
  12. 1 sendok teh sriracha atau sambal ulek 
  13. Garam dan merica secukupnya 

Cara membuat

  1. Panaskan minyak dalam wajan besar, masukkan sayuran yang sudah dicincang halus lalu jamur, bawang bombai, dan wortel. Tumis selama 2-3 menit atau sampai berwarna kecokelatan. 
  2. Kemudian tambahkan daun bawang dan kubis, taburi sejumput garam dan masak lagi selama 5-7 menit, atau sampai sayuran lunak dan matang, dan aduk sesekali. Tambahkan sedikit air jika perlu.
  3. Kemudian masukkan bawang putih, jahe, dan bumbu, lalu masak sebentar lagi agar rasanya tercampur rata. Sisihkan dan tunggu sampai suhu ruang.
  4. Setelahnya, ambil satu kulit pangsit dan tambahkan dengan satu sendok teh isian ke tengah bungkus pangsit. Olesi pinggirannya dengan air dan lipat pangsit hingga membentuk pola yang sesuai keinginan. Eits, pastikan jahitannya tertutup rapat, ya. Ulangi sampai bungkusnya habis. 
  5. Terakhir, panaskan minyak dalam wajan dengan api kecil-sedang. Masukkan gyoza dan goreng selama 2-3 menit atau sampai bagian bawahnya berwarna kecokelatan. Lalu tang sekitar 1/4 gelas air dan tutup dengan penutup dan kukus selama 7-8 menit atau hingga air menyusut. Gyoza vegetarian siap disajikan!

Baca Juga: 5 Kreasi Nugget Vegan, Cocok untuk Camilan Sehat

Tips menyajikan gyoza vegetarian

Gyoza bisa digoreng atau dikukus dalam penggorengan sehingga menghasilkan tekstur yang lembut pada kulit atas dan renyah di bagian bawah. Rasanya sudah cukup nikmat, tapi kalau kamu ingin membuat saus cocolan gyoza yang ramah vegan, berikut bahan dan cara bikinnya.

Bahan: 

  • 3 sendok makan kecap asin 
  • 1 sendok makan cuka beras 
  • 1 sendok makan madu 
  • ¼ sendok teh minyak wijen 
  • ½ sendok teh sriracha atau sambal ulek
  • Dan untuk garnish, kamu bisa menambahkan 1 sendok makan biji wijen panggang 2 sendok makan daun bawang yang diiris kasar

Cara membuat

  1. Campur semua bahan di atas menjadi satu dalam sebuah mangkuk kecil. Aduk-aduk dengan sendok sampai seluruh merata. 
  2. Kemudian taburi gyoza hangat dengan wijen dan daun bawang cincang, lalu sajikan dengan sausnya. Selesai!

Sudah terbayang kan betapa lezatnya hasil resep gyoza vegetarian barusan? Ditambah saus yang khas, dijamin kamu tak akan melirik atau ingin beli di luar karena sudah bisa menciptakan sendiri yang sesuai selera. Awas ketagihan! 

Baca Juga: Resep Combro Isi Tempe Makanan Legendaris Murah Meriah

Verified Writer

Dyar Ayu

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya