Comscore Tracker

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga 

Resep ini dapat sebagai bekal ke sekolah atau kantor

Masih mencari ide resep masakan untuk besok? Tenang, kali ini ada rekomendasi masakan yang pas untuk dijadikan lauk makanan bersama keluarga. Ya, namanya adalah ayam panggang brokoli saus bombai. Penasaran? Yuk simak resep yang berikut ini.

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga ilustrasi bahan ayam panggang brokoli saus bombai (pixabay.com/GeorgeDolgikh)

Siapkan bahan-bahan ayam panggang brokoli saus bombai:

  • 300 gram ayam fillet
  • 1 tangkai brokoli
  • 1 butir telur
  • 1/2 siung bawang bombai
  • Daun bawang secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya
  • Tepung maizena secukupnya
  • Kecap asin secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam bubuk secukupnya

2. Potong daging ayam dan rendam dengan kecap asin 

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga ilustrasi memotong daging ayam fillet (pixabay.com/vinicef)

Langkah pertama siapkan semua bahan yang diperluka, lalu bersihkan daging ayam, dan potong sesuai selera. Selanjutnya, tusuk-tusuk daging ayam menggunakan garpu dan beri kecap asin. Setelah itu diamkan kurang lebih selama 15 menit.

Baca Juga: 3 Resep Camilan Perpaduan Cokelat dan Selai Kacang, Yummy!  

3. Potong brokoli dan rebus

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga memotong brokoli (pixabay.com/Aleksandr Kirillov)

Berikutnya potong sayur brokoli, lalu cuci hingga bersih. Rebus sebentar, kemudian bilas menggunakan air dingin.  Selanjutnya panaskan tempat penggorengan beri minyak lalu tumis bawang bombai. Tambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan, air, dan bubuk lada hitam.

4. Baluri daging ayam dengan tepung terigu 

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga membaluri ayam dengan tepung terigu (pixabay.com/Milkare)

Langkah berikutnya masukkan brokoli dan daun bawang. Aduk hingga tercampur rata, lalu sisihkan. Selanjutnya celupkan daging ayam ke dalam satu butir telur kocok, balurkan pada tepung terigu hingga tertutup rata.

5. Panggang ayam hingga matang, lalu angkat dan sajikan 

Resep Ayam Panggang Brokoli Saus Bombai, Sajian Sehat untuk Keluarga ayam panggang brokoli saus bombai (instagram.com/anekamenuayamm)

Siapkan alat pemanggang, dan panggang ayam hingga matang. Setelah itu, angkat dan letakkan ayam pada piring saji, lalu siram dengan saus bombai. Nah, ayam panggang brokoli dengan saus bombai pun siap untuk dinikmati.

Buat kamu yang bertanya mengapa setelah brokoli direbus kemudian disiram dengan air dingin, alasannya agar brokoli tetap segar dan berwarna hijau. Jadi, pastinya lebih fresh dan nikmat saat dimakan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Es Gosrok Kotabaru, Minuman Jadul yang Bangkitkan Kenangan

Gilang Khuatul Akhmal Photo Community Writer Gilang Khuatul Akhmal

"Tugas manusia hanyalah berusaha, teruntuk hasilnya biarlah Tuhan yang menentukan"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya