Comscore Tracker

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manado

Tempat makan enak dekat Stasiun Lempuyangan yang serba murah

Yogyakarta mempunyai dua stasiun yang berada di pusat kota. Pertama, adalah Stasiun Tugu yang terletak di kawasan Malioboro, dan kedua, adalah Lempunyangan.

Stasiun Lempunyangan berada di dekat Pasar Lempunyangan dan beragam tempat makan yang sayang untuk dilewatkan. Di antaranya adalah soto legendaris, warung mi yang gak pernah sepi, hingga restoran khas Manado sampai Makasar yang wajib dicoba. Yuk, langsung cek 10 rekomendasinya kuliner Yogyakarta yang berada di sekitar Stasiun Lempuyangan. 

1. Warung Makan Cak Koting

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manadowarung makan cak koting (instagram.com/kulineryogya)

Sebelum bermunculan restoran dan warung tenda menjajakan menu penyetan, Cak Koting termasuk yang warung makan legendaris yang sudah ada sejak tahun 90-an. Letaknya yang gak jauh dari pusat keramaian di Jalan Dr. Sutomo Kota Yogyakarta, menjadikannya pilihan bagi wisatawan.  

Menu andalan di sini adalah bebek goreng yang disajikan dengan nasi uduk, sambal, dan dilengkapi dengan lalapannya. Rasanya renyah banget!

Alamat: Jalan Dr. Sutomo Nomor 57, Bausasran, Kapanewon Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-23.00 WIB

2. Soto Ayam Pak Gareng

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manadosoto ayam pak gareng (instagram.com/jajanyogya)

Turun dari kereta di pagi hari, memang paling cocok langsung melahap soto panas. Salah satu warung soto dekat Stasiun Lempuyangan yang ramai pembeli adalah Soto Ayam Pak Gareng. 
Kuahnya yang bening, gak terlalu berlemak tentu menyegarkan saat dipadukan dengan nasi, suwiran ayam, mi bihun, dan gak ketinggalan, lenthok yang jarang ditemukan di tempat lain. Masih belum kenyang? Kamu bisa tambah sate telur puyuh, ati ampela, dan lain-lain. 

Alamat: Jalan Hayam Wuruk, Bausasran, Kapanewon Danurejan, Kota YogyakartaJam operasional: setiap hari, buka pukul 06.00-12.00 WIB

Baca Juga: Menjajal Ramen di Kedai Kopi Tsudzuku.Co, Beneran Nagih!

3. Moerni 78

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur ManadoMoerni 78 (instagram.com/moerni78)

Penampakan rumah makan Moerni 78 tampak seperti rumah biasa. Siapa sangka, tempat makan ini ternyata salah satu restoran legendaris di Jogja yang sudah berdiri sejak tahun 1978. 

Nah, kuliner yang disediakan di sini lengkap dari berbagai kota di Indonesia. Misalnya nasi bakmoy ayam, pempek, sampai selat solo juga ada hingga es telernya yang segar dan manis. 

Alamat: Jalan Tukangan Nomor 45, Tegal Panggung, Kapanewon Danurejan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-20.00 WIB

4. Warung Ijo

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manadowarung ijo (instagram.com/jogjabikinlaper)

Rekomendasi tempat makan dekat Stasiun Lempuyangan yang enak dan murah berikutnya adalah Warung Ijo. Warung ini terkenal menyediakan banyak lauk yang didominasi oleh masakan Jawa rumahan. Sayur buncis, tahu dan tempe goreng, telur dadar, dan aneka ikan air tawar adalah beberapa pilihannya. 

Soal minuman, ada es beras kencur, es sokelat herbal, atau yang hangat seperti kopi karamel, teh panas, dan lain sebagainya. Makan di sini perut kenyang tanpa bikin kantong menjerit!

Alamat: Depan Pom Bensin, Jalan Argolubang, Baciro, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Jam operasional: Senin-Jumat, buka pukul 06.30-14.30 WIB

Baca Juga: 9 Kedai Teh Yogyakarta, Ada yang Berkonsep Tradisional sampai Kekinian

5. Sate Pak Parno

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manadosate pak parno (instagram.com/satelempuyanganyk)

Sebenarnya banyak kuliner Yogyakarta yang legendaris yang lokasinya gak jauh dari Stasiun Lempuyangan, salah satunya adalah Sate Kambing Pak Parno yang sudah berdiri sejak tahun 1989. 

Lokasi yaitu di teras Pasar Lempuyangan dan buka saat malam hari. Menu yang disediakan cukup beragam seperti sate kambing, tongseng kepala kambing, dan tengkleng. Penyuka mbek, wajib mampir!

Alamat: Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Kapanewon Danurejan, Kota Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka puku 16.00-23.00 WIB

6. Gado-gado dan Lotek Teteg Lempuyangan

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur ManadoLotek Teteg Lempuyangan (instagram.com/prtwiayud)

Cari makanan sehat di Kota Yogyakarta? Gado-gado dan Lotek Teteg Lempuyangan layak dicoba. Meski dijual di warung sederhana, tapi rasa dari bumbu kacangnya enak dan kental. Perpaduan rasa manis dan gurihnya gak bikin kecewa. 

Selain sayuran, isi dari lotek dan gado-gadonya juga ada bakwan yang renyah. Soal porsi juga banyak, cocok banget buat mengganjal perut sebelum perjalanan jauh naik kereta, nih.

Alamat: Jalan Argolubang Nomor 39, Baciro, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.00-17.00 WIB

7. Mi Bandung Kridosono

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur ManadoMie Bandung Kridosono (IDN Times/Dyar Ayu)

Salah satu tempat makan mi yang gak pernah sepi pembeli di Yogyakarta yaitu Mi Bandung Kridosono. Gak jauh dari Stasiun Lempuyangan, mereka menyediakan aneka olahan mi seperti mi ayam, mi goreng bakso, sampai kwetiau.

Jika mau menyantap nasi, terdapat nasi goreng, nasi cap cay yang gak kalah enak. Tempatnya cukup luas, harganya juga bersahabat. Di kanan dan kirinya juga banyak kuliner lain seperti soto dan sop ayam. 

Alamat: Jalan Yos Sudarso, Kotabaru, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 09.30-19.00 WIB

Baca Juga: Menjajal Es Cokelat Impian Lempuyangan, Lagi Viral di Jogja

9. Coto La-Capila

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur Manadocoto la-capila (instagram.com/anakkulineran)

Tempat makan lainnya dekat Stasiun Lempuyangan gak melulu makanan lokal, kok, ada Coto La-Capila yang khusus menjual aneka makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan. 

Tempatnya agak tersembunyi karena berada di dalam gang, tapi jangan heran tempat ini selalu dipenuhi pelanggan yang datang dan pergi. Menu andalannya tentu saja coto daging sapi yang pas banget dinikmati pakai bakwan udang. Atau kalau mau yang segar-segar, pesan es pisang ijo jadi jawabannya. 

Alamat: Jalan Krasak Nomor 5, Kotabaru, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-16.30 WIB

10. Dapur Manado

10 Tempat Makan Dekat Stasiun Lempuyangan, Lotek hingga Bubur ManadoDapur Manado (instagram.com/dapurmanadojogja)

Rekomendasi tempat makan khas Manado yang halal dan enak di Yogyakarta tentu saja Dapur Manado. Tempatnya gak jauh dari Stasiun Lempuyangan dan gampang ditemukan karena berada di pinggir jalan. 

Gak lengkap kalau jajan di sini tanpa makan bubur manadonya yang lembut, plus gurih. Kalau mau makan sesuatu yang mengenyangkan, ada nasi kuning lengkap dengan aneka lauknya, juga nasi roa yang pedas tapi nagih. 

Alamat: Jalan Kompol Bambang Suprapto, Baciro, Kapanewon Gondokusuman, Kota Yogyakarta, 
Jam operasional: setiap hari, buka pukul 08.00-21.00 WIB

Itulah sejumlah kuliner Yogyakarta yang dekat Stasiun Lempuyangan, super lengkap kan? Mulai dari masakan rumahan, sampai khas luar Pulau Jawa juga ada. Gak perlu bingung lagi deh sekarang harus makan apa dan di mana sambil menunggu keberangkatan kereta!

Baca Juga: Masuk 50 Kue Terenak di Dunia Versi TasteAtlas, Ini 4 Fakta Kue Putu

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya