TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekomendasi Tempat Makan Garang Asem di Jogja, Rasanya Endul!

Ada garang asem unik dengan disajikan dalam bambu, nih!

Garang asem bambu di Kandang Ingkung Resto dan Kopi (Instagram.com/kandangingkung)

Jogja menjadi salah satu kota kuliner yang populer di Indonesia. Tak hanya gudeg, di Kota Pelajar ini kamu bahkan bisa menemukan sejumlah makanan khas kota lain, seperti Bakso Malang, Soto Kudus, dan garang asem.

Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah, seperti Semarang, Pekalongan, Kudus, dan Pati. Garang asem dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus. Biasanya, garang asem berisi ayam, jeroan, ikan, jamur, atau tahu.

Tak perlu berlama-lama, berikut ini beberapa rekomendasi tempat makan garang asem di Jogja!

1. Garang asem bambu di Kandang Ingkung Resto dan Kopi

Garang asem bambu di Kandang Ingkung Resto dan Kopi (Instagram.com/kandangingkung)

Rekomendasi pertama ada garang asem dari Kandang Ingkung Resto dan Kopi yang berada di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Garang asem di sini menjadi salah satu kuliner unik. Jika biasanya garang asem dibungkus dengan daun pisang, garang asem yang satu ini akan dimasak dan disajikan di dalam bumbung bambu.

Proses memasak garang asem di resto ini dilakukan dengan menggunakan bambu yang telah dilubangi. Lalu di dalamnya diisi dengan bahan-bahan garang asem hingga penuh dan dimasak di atas bara api.

Satu porsi garang asem, terdapat beragam isian seperti daging ayam, belimbing sayur, daun kemangi, cabai hijau, dan rempah-rempah, dan ditambah kuah santan yang kaya akan cita rasa khas Jogja.

Harga: Mulai dari Rp75 ribu untuk setengah ekor ayam.

Jam buka

  • Senin-Jumat buka pukul 10.30-20.30 WIB.
  • Sabtu-Minggu buka pukul 10.00-21.00 WIB.

Alamat: RT. 01, RW. 27, Jitengan, Balecatur, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 5 Tempat Makan ala Warteg Kekinian di Jogja, Lezat dan Unik!

2. Soto dan garang asem Mbangkok

Soto dan garang asem Mbangkok (Google Maps/ Ahmad Taufik)

Selanjutnya ada rekomendasi garang asem dari rumah makan yang ada di Ngaglik, Sleman. Sama halnya seperti garang asem pada umumnya, garang asem di sini juga disajikan dengan dibungkus daun pisang yang dikukus.

Campuran isi garang asemnya pun juga berlimpah dengan kuah pedas yang menggugah selera. Selain itu, ada menu pilihan lain yang juga tak kalah populer yaitu soto ayam yang dibanderol dengan harga Rp10 ribu saja. Selain itu, ada beragam menu pendamping lain seperti perkedel, telur puyuh, mendoan, dan masih banyak menu lainnya. 

Harga: Mulai dari Rp21 ribu.

Jam buka: Buka setiap hari pukul 07.00-02.00 WIB.

Alamat: Jalan Damai, Karang Moko, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Soto Kudus dan garang asem Bu Arie

Soto Kudus dan garang asem Bu Arie (Google Maps/Bambang Priyo Cahyono)

Soto Kudus dan garang asem Bu Arie pindahan dari depan JEC Yogyakarta adalah salah satu rekomendasi tempat makan garang asem yang wajib kamu coba. Garang asem di sini disajikan dengan kuah santan kental yang berlimpah dan cabai utuh yang menggiurkan.

Selain garang asem, di tempat makan ini juga menyediakan sajian menu soto kudus yang tak kalah enak. Kemudian, terdapat juga sate telur puyuh, perkedel kentang, dan berbagai olahan pindang (sapi dan telur).

Harga: Mulai dari Rp27 ribu.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB.

Alamat: Gang Bimo Jalan Jomblangan No.29 RT. 01, Wiyoro, Baturetno, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: 7 Tempat Makan Mie Aceh di Jogja, Bumbunya Nendang Bikin Candu

Verified Writer

Anggry Natasya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya