Comscore Tracker

Nataru, Penumpang di Adisucipto Diperkirakan Naik 5 Persen

AP I dirikan posko untuk memonitor momen Nataru

Sleman, IDN Times - Di momen Natal dan Tahun Baru, diperkirakan akan ada kenaikan penumpang di Bandara Adisutjipto. General Manager PT Angkasa Pura 1, Agus Pandu Purnama menjelaskan, diperkirakan kenaikan penumpang ini ada di angka 5 persen.

Baca Juga: Penumpang di Bandara Adisutjipto Naik 100 Persen, Banyak yang ke Bali

1. Ada 18 penerbangan di Adisutjipto

Nataru, Penumpang di Adisucipto Diperkirakan Naik 5 PersenIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. (IDN Times/Holy Kartika)

Saat ini di Bandara Adisutjipto ada sebanyak 18 penerbangan, dengan rute Jakarta, Surabaya, Bali dan Bandung. Sementara itu, menurut Pandu untuk jumlah penumpang saat ini berada di angka 1.200-an.

"Kalau jumlah penerbangan 18 pergerakan di Adisutjipto, 6 PP (pulang dan pergi) ke Jakarta, 6 PP Surabaya, 4 PP Bali, 2 PP Bandung. Ini tidak menutup kemungkinan kalau sesuai dengan izin rute bisa ada tambahan, baik ke Jakarta maupun ke Bali," ungkapnya pada Sabtu (18/12/2021).

2. Dimungkinkan kenaikan penumpang terjadi pada 24 Desember 2021

Nataru, Penumpang di Adisucipto Diperkirakan Naik 5 PersenPenumpang turun pesawat di Bandara Adusutjipto Yogyakarta. (IDN Times/Daruwaskita)

Pandu mengungkapkan, untuk peningkatan penumpang di Adisutjipto pada momen Nataru diperkirakan terjadi ada 24 Desember 2021. Sementara itu, pada tanggal 3 Januari 2022 diperkirakan merupakan arus balik Tahun Baru 2022.

"24 Desember ini puncaknya arus Natal 2021. tanggal 3 Januari 2022 arus balik tahun baru," katanya.

3. Telah dirikan posko Nataru

Nataru, Penumpang di Adisucipto Diperkirakan Naik 5 PersenBandara internasional Adisutjipto. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Untuk mengantisipasi adanya kenaikan penumpang ini, pihaknya telah mendirikan posko Nataru yang akan berlangsung selama 17 Desember 2021–4 Januari 2022. Setidaknya akan ada 50 petugas gabungan yang tergabung dan memonitor momen Nataru.

"Untuk prokes kan ada kekhawatiran Omicron kita dengan KKP sudah kerjasama, termasuk penerapan PeduliLindungi di setiap keberangkatan maupun kedatangan," paparnya.

Baca Juga: 6 Unit Mobil Listrik UGM Akan Dioperasikan di Soetta dan YIA

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya