TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PT Angkasa Pura 1 Genjot Pengerjaan Interior Bandara YIA

Beroperasi penuh diprediksi Maret 2020

Salah satu pesawat di apron Yogyakarta International Airport. IDNTimes/Holy Kartika

Yogyakarta, IDN Times-  Pembangunan sejumlah interior terminal Bandara Yogyakarta International Yogyakarta terus digenjot, menjelang beroperasi penuh pada bulan Maret 2020. 

Hal itu disampaikan Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi dalam siaran persnya, Rabu (11/12). "Hingga 8 Desember 2019, progres pembangunan bandara yang berada di Kulon Progo ini telah mencapai 90 persen," ungkap Faik.

Baca Juga: Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA Ditambah

1. Pengerjaan difokuskan interior terminal

Direktur Utama PT Angkasa Pura 1 Faik Fahmi. IDNTimes/Holy Kartika

Faik menjelaskan  pengerjaan pembangunan bandara difokuskan pada pekerjaan interior terminal penumpang.

"Selain interior terminal penumpang, juga difokuskan pekerjaan jalan layang menuju area keberangkatan lantai 3," ujar Faik.

YIA merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Angkasa Pura I. YIA mendesak untuk dibangun mengingat Bandara Adisutjipto yang ada saat ini sudah dalam kondisi lack of capacity.

Lebih lanjut Faik menjelaskan setelah pembangunan tahap I selesai di awal 2020, YIA akan memiliki terminal penumpang tiga lantai. Adapun luasnya mencapai  219.000 meter persegi berkapasitas 20 juta penumpang per tahun. 

"Dengan spesifikasi runway sepanjang 3.250 x 45 meter, maka bandara ini mampu untuk mendarat pesawat berbadan besar seperti Boeing 777-300 dan Airbus A380.

 

2. Ditargetkan beroperasi penuh Maret 2020

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Yogyakarta International Airport menargetkan pemindahan seluruh penerbangan domestik dan internasional dari Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta juga akan segera dilakukan.

"Pemindahan seluruh rute domestik dan internasional dari Bandara Adisutjipto ke YIA ditargetkan dilaksanakan pada akhir Maret 2020," jelas Faik.

Faik memaparkan saat ini, YIA telah melayani 13 rute untuk penerbangan domestik. Di antaranya Denpasar, Cengkareng, Halim Perdanakusuma, Banjarmasin, Palembang, Palangkaraya, Samarinda, Makassar, Medan, Tarakan, Balikpapan, Batam, dan Pontianak. Rute-rute tersebut dilayani oleh maskapai Lion Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Batik Air.

"Proses pemindahan nantinya akan melibatkan banyak pemangku kepentingan, sehingga serentak atau tidaknya proses pemindahan penerbangan juga bergantung pada kesiapan masing-masing maskapai penerbangan," imbuh Faik. 

Baca Juga: Pelaku Wisata Pesimistis Target YIA Datangkan 1 Juta Wisman Tercapai 

Berita Terkini Lainnya