Comscore Tracker

Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA Ditambah

Perjalanan jarak jauh dan komuter juga mengalami perubahan

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta akan menambah jumlah perjalanan KA Bandara menuju Yogyakarta International Airport (YIA) mulai Minggu, 1 Desember 2019. Penambahan ini dilakukan untuk mempermudah transportasi penumpang ke bandara baru DI Yogyakarta tersebut. 

“Penambahan perjalanan KA Bandara YIA ditujukan mempermudah penumpang untuk menuju Bandara YIA. Apalagi akan ada penambahan penerbangan yang dilayani di bandara baru dan jadwal kereta disesuaikan dengan jadwal penerbangan,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Sabtu (30/11) seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Baca Juga: Per 1 Desember 2019, Sejumlah Kereta Api Ganti Jadwal Keberangkatan

1. Mencapai 24 perjalanan pulang pergi

Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA DitambahIDN Times/Holy Kartika

Menurut Eko, KA Bandara YIA bakal melakukan 24 perjalanan pulang pergi dalam sehari. Ini terdiri dari 20 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta-Stasiun Wojo, plus 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta-Stasiun Kebumen.

Dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Wojo, KA Bandara berangkat paling pagi pukul 03.35 WIB, sedangkan yang paling malam adalah pukul 20.10 WIB.

Sementara, untuk perjalanan dari Stasiun Wojo menuju Yogyakarta, dilayani mulai pukul 04.45 WIB hingga terakhir pukul 21.30 WIB.

2. Tiket bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access

Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA DitambahKereta Bandara YIA yang melayani rute Maguwo, Tugu Yogyakarta, Wates, Wojo. Penumpang kereta bandara mesti turun Wojo lalu naik Damri menuju Bandara YIA - IDN Times/Holy Kartika

Untuk pembelian tiket KA Bandara, lanjut Eko, penumpang bisa membelinya lewat aplikasi KAI Access. Eko juga menyebutkan bahwa KA Bandara telah dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan penumpang, seperti USB port, televisi, toilet, serta air conditioner.

Ia juga mengatakan alasan KA Bandara tidak lagi melayani dari Stasiun Maguwo.

“Sebelumnya, KA Bandara YIA melayani dari Stasiun Maguwo, namun kemudian dipindah dari Stasiun Yogyakarta karena nantinya seluruh penerbangan akan dilakukan dari YIA,” tuturnya.

3. Perjalanan jarak jauh dan komuter juga mengalami perubahan jadwal

Mulai 1 Desember 2019, Perjalanan KA Bandara Menuju YIA DitambahAngkutan kereta api di Stasiun Tugu Yogyakarta, Kamis (28/11/2019). IDN Times/Holy Kartika

Tak cuma KA Bandara, sejumlah perjalanan kereta api jarak jauh maupun komuter dari Daop 6 Yogyakarta juga akan mengalami perubahan jadwal sesuai Grafik Perjalanan KA (Gapeka) yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, ia meminta penumpang memastikan jadwal keberangkatan pada tiket agar tidak tertinggal kereta.

“Termasuk untuk perjalanan Prambanan Ekspress (Prameks) juga akan mengalami perubahan. Namun total perjalanan tetap sama yaitu 21 kali perjalanan per harinya,” kata Eko yang menyebut rata-rata penumpang kereta komuter tersebut mencapai sekitar 10.000 orang per hari.

Baca Juga: PT KAI Siap Kembangkan KRL di Wilayah Yogyakarta 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya