Comscore Tracker

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari Virus

Tak hanya rumah, mobilmu juga harus dijaga kebersihannya

Untuk menerapkan social distancing di tengah pandemi virus corona, kamu diimbau agar bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, selain membersihkan rumah, bagian kabin mobilmu juga perlu disinfeksi.

Lalu bagian apa saja yang harus dibersihkan dan bagaimana caranya? Yuk, lanjut baca artikelnya.

1. Setir mobil

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari VirusPexels/Luis Quintero

Setir mobil menjadi benda yang pasti disentuh oleh tangan, sehingga membutuhkan perhatian khusus untuk dibersihkan. Setir setiap mobil memiliki bahan yang berbeda-beda sehingga tak sembarang cairan pembersih akan baik untuk bahan pembuat setir mobil.

Jika setir terbuat dari plastik, kamu bisa membersihkannya dengan cairan disinfektan atau pembersih serbaguna biasa. Sedangkan jika setir terbuat dari kulit, baik kulit asli maupun imitasi, gunakan leather cleaner agar permukaannya tidak rusak. Lalu yang terakhir untuk mobil klasik yang menggunakan setir dari kayu asli bisa menggunakan pembersih khusus kayu atau furnitur agar serat kayu tetap sehat.

Cara membersihkannya pun jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih langsung ke setir mobil karena bisa menimbulkan bercak akibat cairan yang menempel tidak rata. Semprotkan cairan ke kain bersih, lalu usapkan ke setir mobil secara merata hingga bersih. Hindari menekan terlalu keras agar warna pada setir mobil tidak ikut terangkat.

Setelah itu lap setir mobil dengan kain mikrofiber bersih untuk menghilangkan cairan pembersih yang masih menempel, dan yang terakhir usap setir dengan menggunakan kain yang dibasahi sedikit air, lalu keringkan dengan lap mikrofiber kembali.

Jika ada kotoran yang menempel di sela setir atau jahitan pada setir, sikat dengan sikat gigi halus.

2. Klakson mobil

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari VirusPexels/Luis Quintero

Klakson juga bagian yang sering disentuh tangan, sehingga kamu wajib membersihkannya. Seperti halnya saat membersihkan setir, kenali dulu bahan pelapis klakson terbuat dari apa, dan gunakan larutan pembersih sesuai bahan seperti pada saat membersihkan setir.

Perlu diingat bahwa bahan pembuat setir terkadang tidak sama dengan bahan pada klakson, sehingga pastikan dahulu klakson mobil kamu terbuat dari bahan apa, ya. Selain itu, pastikan cairan pembersih dan air tak masuk ke sela-sela klakson agar tak mengganggu kelistrikan yang ada di dalam setir mobil.

Baca Juga: 5 Langkah Menghindari Penularan Virus Corona di SPBU

3. Kisi-kisi AC

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari VirusPexels/Kaboompics .com

Udara yang segar diperlukan agar kita tetap sehat. Namun sayangnya orang terkadang malas membersihkan kisi-kisi AC mobil. Bersihkan kisi-kisi AC dengan pembersih bahan plastik atau dengan membuat larutan air sabun. Lap bagian luar kisi-kisi AC hingga bersih.

Sedangkan untuk bahan lain, kamu bisa menyesuaikannya dengan larutan pembersih sesuai bahan yang digunakan pada kisi-kisi mobilmu.

Selain bagian luarnya, bersihkan juga bagian dalam kisi-kisi AC dengan cotton bud yang sudah dibasahi dengan larutan pembersih. Cotton bud yang dioles larutan pembersih ini akan mengangkat debu dan kotoran yang terdapat di bagian dalam kisi-kisi AC mobil.

4. Tombol, tuas, dan kenop di mobil

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari VirusPexels/Breakingpic

Mobil dilengkapi banyak tombol, tuas, dan kenop untuk menghidupkan aneka fitur yang ada di dalamnya. Seperti tombol pada sistem audio mobil, tuas persneling, hingga kenop untuk menghidupkan AC. Semua benda ini sering dipegang langsung oleh tangan. Bersihkan setiap bagian dengan hati-hati sesuai dengan bahan pembuatnya.

Untuk tombol dan kenop biasanya terbuat dari plastik, sedangkan tuas persneling ada juga yang dilapis dengan kulit.

Pastikan lebih hati-hati saat membersihkan tombol yang berkaitan dengan kelistrikan agar air dan larutan pembersih tidak masuk ke dalam sistem kelistrikan mobil, ya.

5. Pegangan pintu mobil

5 Bagian Kabin Mobil Ini Wajib Kamu Bersihkan untuk Menghindari VirusPixabay/emkanicepic

Bagian terakhir yang wajib kamu bersihkan adalah pegangan pintu atau door handle mobil. Setiap akan masuk dan keluar mobil, kamu pasti memegang pegangan pintu ini, bukan? Bersihkan dengan larutan yang sesuai dengan bahan pembentuk door handle mobil. Caranya sama seperti kamu membersihkan setir mobil. 

Nah, itulah 5 bagian kabin mobil yang wajib kamu bersihkan agar terhindar dari penyakit. Tetap aman dan hidup sehat dengan selalu membersihkan benda-benda yang kamu gunakan termasuk mobil, ya.

Baca Juga: Tak Hanya untuk Gaya-gayaan, Ini 5 Manfaat Pasang Dashcam di Mobil

Topic:

  • Rijalu Ahimsa
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya