Comscore Tracker

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk Backpacker

Tempat wisata ini indah sekaligus nyaman di kantong!

Wisata alam di Jogja telah menjadi primadona wisatawan, salah satunya di Kabupaten Kulon Progo. Wisata alam di Kulon Progo terbilang cukup lengkap, ada pantai maupun pegunungan yang bisa menjadi pilihan untuk sejenak menepi dari hiruk pikuk kota.

Destinasi wisata di sana juga cukup ramah di kantong para wisatawan, sehingga sangat cocok untuk para Backpacker. Biar gak penasaran, ini dia objek wisata murah meriah di Kulon Progo.

Baca Juga: Air Terjun Kembang Soka: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips

1. Taman Sungai Mudal

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk BackpackerTaman Sungai Mudal (Instagram/sungaimudal)

Jika wisatawan ingin merasakan sejuknya mandi di pegunungan, Taman Sungai Mudal bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi. Taman Sungai Mudal terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Daya tarik utama Taman Sungai Mudal adalah adanya kolam pemandian yang bersumber dari mata air yang ada di sebuah gua. Air di Taman Sungai Mudal sangatlah jernih dengan warna hijau toska yang menarik hasrat wisatawan untuk berenang.

Di sana terdapat beberapa kolam dengan kedalaman sekitar 1,2 meter dan 2 meter, serta ada taman yang bisa digunakan untuk bersantai dengan keluarga. Tiket masuk di Taman Sungai Mudal termasuk murah, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10 ribu.

2. Puncak Suroloyo

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk BackpackerPuncak Suroloyo (Instagram/tentangkulonprogo)

Di bagian barat Jogja terdapat pegunungan yang cocok untuk healing sejenak dari hiruk pikuk perkotaan, yakni Puncak Suroloyo. Lokasi Puncak Suroloyo terletak di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 1,5 jam perjalanan dari kota Jogja.

Di sana kamu bisa melihat melihat Candi Borobudur dan keindahan Pegunungan Menoreh dari atas ketinggian. Setelah lelah naik ke puncak, kalian bisa mampir di Kedai Kopi Suroloyo untuk menikmati segelas kopi dan Geblek khas Kulon Progo.

Para wisatawan juga bisa menjajal tur kebun untuk melihat jenis tanaman kopi, proses tanam, proses panen, hingga proses menjadi biji kopi pilihan. Selain itu, wisatawan juga bisa belajar menyeduh kopi yang akan diajarkan oleh pemilik Kopi Suroloyo.

3. Gua Kiskendo

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk BackpackerGua Kiskendo (Instagram/bambangwahyu15)

Bagi yang tertarik wisata adrenalin, Gua Kiskendo bisa menjadi pilihan wisatawan untuk berkunjung. Lokasinya berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jogja.

Goa Kiskendo memiliki panjang 1,5 km di dalam perut bumi Pegunungan Menoreh dan memiliki 2 percabangan yang mengarahkan wisatawan ke tempat pertapaan. Namun kalian harus menyewa pemandu jika ingin masuk ke dalam gua, mengingat wisata susur gua termasuk kegiatan ekstrem.

Tiket masuk Gua Kiskendo sendiri terbilang cukup murah, kalian cukup membayar tiket sebesar Rp5 ribu. Jika ingin menyewa pemandu, wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp40 ribu.

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo, Asrinya Kulon Progo dari Ketinggian

4. Waduk Sermo

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk BackpackerWaduk Sermo (Instagram/sermoglamcamp)

Wisata Waduk Sermo kini sedang naik daun di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Keindahan alamnya menjadi pilihan yang ingin berlibur di alam dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Di sana wisatawan bisa mencoba keliling waduk menggunakan perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. Selain itu, wisatawan juga bisa camping sembari memancing  ikan dan menunggu datangnya matahari terbit dari pinggir waduk.

Harga tiket Waduk Sermo terbilang cukup terjangkau, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp2 ribu dan tambahan Rp10 ribu bagi wisatawan yang ingin camping. Bagi yang tak mau ribet membawa tenda untuk camping, kalian bisa menyewa di lokasi camping dengan harga Rp50 ribu untuk kapasitas 4 orang.

5. Pantai Glagah

5 Wisata Murah Meriah di Kulon Progo, Cocok untuk BackpackerPantai Glagah (instagram/seputarkulonprogo)

Selain memiliki wisata pegunungan yang cantik, Kulon Progo memiliki beberapa wisata pantai yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai Glagah menjadi salah satu pantai yang harus dikunjungi karena memiliki spot sunset terbaik di Kulon Progo.

Lokasi pantai Glagah sendiri tak jauh dari Bandara YIA, sehingga menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di sana juga menjadi spot favorit untuk memancing ikan laut, namun wisatawan harus membawa alat pancing sendiri karena tak ada jasa penyewaan.

Di sana wisatawan juga bisa berkeliling laguna menggunakan perahu yang disediakan oleh nelayan. Tiket masuk Pantai Glagah terbilang cukup murah, wisatawan hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5 ribu.

Menarik bukan wisata-wisata murah di Kulon Progo, kini liburan tak selalu keluar biaya mahal lho ! jadi kapan kalian mencoba wisata murah ala backpacker di Kulon Progo?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Bandara YIA Kulon Progo yang Hits, Yuk Mampir!

Youris Setyo Photo Community Writer Youris Setyo

IG : @stevenyrs

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya