Comscore Tracker

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari 

Desa wisata ini terletak di Pegunungan Menoreh yang asri

Ada banyak desa wisata yang terdapat di Daeraj Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya adalah Desa Jatimulyo  yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Desa asri di kawasan Pegunungan Menoreh ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa.

Selain wisata alam, warga sekitar juga menggagas sebuah pertunjukkan tari yang menjadi daya tarik lain desa tersebut. Layak dimasukkan dalam list traveling saat ke Jogja, berikut aktivitas seru yang bisa dilakukan di Jatimulyo, Kulon Progo.

1. Trekking

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari Sungai Mudal (instagram.com/ekowisatasungaimudal_official)

Desa Jatimulyo, Kulon Progo, terkenal akan wisata alamnya yang indah, salah satunya adalah Sungai Mudal. Untuk menuju ke sungai ini kamu bisa trekking atau berjalan, jaraknya sekitar 2 km dari Desa Jatimulyo. 

Perjalanan ini tak akan terasa melelahkan karena disuguhi keindahan alam desa yang masih asri dengan latar Pegunungan Menoreh. Di Sungai Mudal, kamu juga bisa bermain air sepuasnya.

2. Mengunjungi air terjun

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari Wisata Kedung Pedut (instagram.com/kedungpedut)

Selain bermain air di Taman Sungai Mudal, juga bisa mencoba bermain di air terjun yang berada di Desa Jatimulyo. Ada tiga air terjun, yaitu Air Terjun Grojogan Sewu, Kembang Soka dan Kedung Pedut. Ketiganya memiliki debit air cukup deras dan pemandangan indah.

Meski dikelilingi pohon dan bukit, di tempat wisata ini sudah memiliki fasilitas umum yang komplet, mulai dari kamar mandi, musala, parkir hingga tempat makan. Setelah lelah bermain air, Kamu bisa mengabadikan semua spot indah di wisata air Desa Jatimulyo ini. 

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Pesona Alam yang Memukau

3. Hunting foto

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari burung di Jati Mulyo (instagram.com/burungjatimulyo)

Memiliki wilayah desa yang masih alami dan asri. habitat hewan di desa Jatimulyo pun terjaga, salah satunya adalah burung. Banyak jenis burung yang sering terbang di hutan dan pohon di kawasan desa, mulai dari perkutut, walik kembang, celepuk reban yang bisa dijadikan objek foto.

Selain wisatawan lokal, turis manca pun sering mengabadikan foto satwa khususnya burung di Jatimulyo. Kamu juga bisa mencoba foto di Rest Area Kembang Tebu, saat musim tanam tebu tiba. 

4. Menyaksikan pertunjukkan sendratari

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari Sendratari Sugriwa Subali (instagram.com/piiluss)

Selain wisata alam, Desa Jati Mulyo juga memiliki pertunjukkan sendratari yang digelar setiap dua bulan sekali. Pertunjukan tari ini berkisah tentang asal Gua Kiskendo. Dalam sendratari tersebut juga ditampilkan tari Subali Sugriwa yang merupakan tarian khas Desa Jatimulyo. Untuk menyaksikan acara tari ini, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp6ribu. 

5. Susur Gua Kiskendo

5 Aktivitas di Jatimulyo Kulon Progo, Motret Satwa hingga Sendratari Gua Kiskendo (instagram.com/akrim_aisani)

Aktivitas lain yang tak boleh terlewat saat berada di Jatimulyo adalah susur Gua Kiskendo. Untuk menuruni gua yang berada di kedalaman 1.5 km ini, disediakan jalur berupa anak tangga. Adanya jalur ini membantu wisatawan agar lebih mudah mengabadikan dan mengagumi gua yang sudah berumur ratusan tahun ini. 

Di dalam Gua Kiskendo, terdapat banyak batu-batuan yang indah. Selain itu terdapat pahatan cerita ramayana di dinding gua yang menjadi daya tarik lain gua di Kulon Progo ini. 

Selain berwisata, kamu juga bisa menginap di salah satu penginapan yang ada di desa tersebut. Sehingga liburanmu makin berkesan dan lebih hemat waktu. Jangan lupa luangkanmu berwisata ke Desa Jatimuloyo, Kulon Progo ya.

Baca Juga: 10 Potret Cantiknya Pantai Bugel, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

Natasha Wiyanti Photo Community Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya