Comscore Tracker

Sandiaga Uno Nilai Nglanggeran Siap Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata  

Nglanggeran dinobatkan Desa Wisata Mandiri Inspiratif

Gunungkidul, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meminta Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta segera mengajukan desa wisata Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul untuk mendapatkan izin pembukaan uji coba terbatas.

Nglanggeran dinilai siap dibuka, karena telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan memiliki cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) yang sangat bagus.

 

 

 

1. Wisatawan menginginkan Nglanggeran segera dibuka

Sandiaga Uno Nilai Nglanggeran Siap Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata  Sandiaga Uno. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sandiaga mengatakan tak hanya hasil kesiapan fasilitas yang telah memenuhi syarat, wisatawan pun juga menginginkan desa wisata yang memiliki Gunung Api Purba dan embung ini dibuka untuk umum.  

"Dari hasil diskusi dengan warga serta wisatawan, mereka juga berharap Nglanggeran ini kembali dibuka," kata Sandiaga Uno, dikutip Antara, Senin (11/10/2021), 

 

1. Nglanggeran dinobatkan sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif

Sandiaga Uno Nilai Nglanggeran Siap Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata  instagram.com/fauziarya

Di saat yang sama, Sandiaga Uno juga memberikan penghargaan pada Nglanggeran sebagai Desa Wisata Mandiri Inspiratif. Dari ajang lomba desa wisata mandiri inspiratif, hanya ada tujuh desa wisata yang mendapatkan penghargaan serupa, satu di antaranya adalah Nglanggeran.

"Kami berharap pengelola Nglanggeran lebih mempersiapkan diri. Tak hanya untuk kembali menyambut wisatawan, tetapi juga dalam ajang UNWTO Best Tourism Village, menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia," katanya dikutip Antara, Senin (11/10/2021). 

 

Baca Juga: Unik, 5 Fakta Kampung Pitu di Nglanggeran Gunungkidul

3. Bupati ingin tempat wisata di Gunungkidul segera dibuka

Sandiaga Uno Nilai Nglanggeran Siap Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata  Bupati Gunungkidul Sunaryanta. (IDN Times/Istimewa)

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta juga berharap objek wisata di wilayahnya kembali dibuka. 

"Kami sanga berharap, tempat-tempat wisata di Gunung Kidul segera buka lagi agar masyarakat kembali bangkit," kata Sunaryanta.

Baca Juga: 11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidul

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya