Comscore Tracker

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!

Penyuka tantangan, wajib coba tempat wisata di Gunungkidul ini

Kabupaten Gunungkidul, terkenal dengan wisata pantai yang eksotis. Di pantai cantik ini, wisatawan akan menghabiskan waktu untuk bermain air atau sekadar piknik dadakan menikmati bekal.

Ternyata beberapa pantai di Gunungkidul tak hanya menyuguhkan panorama yang cantik atau hanya untuk bermain air. Bagi kamu yang menyukai petualangan ekstrem, berikut 7 pantai dan wisata kuliner unik di Gunungkidul yang akan membuatmu berkeringat. 

1. Gondola tradisional Pantai Timang

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!gondola Pantai Timang (instagram.com/pantai_timang)

Bagi kamu yang mengaku pemberani, saatnya uji nyali dengan naik gondola tradisional di Pantai Timang. Awalnya, gondola digunakan para nelayan sebagai jalan ke Batu Panjang untuk mencari kepiting. Kini alat transportasi tradisional tersebut menjadi salah satu magnet wisatawan dari dalam dan luar negeri yang berkunjung ke Gunungkidul.

Dalam satu kali keberangkatan untuk menyeberang, gondola hanya bisa menampung satu atau dua orang.Petugas juga selalu mengecek keadaannya, hal ini dilakukan untuk keamanan dan kenyamanan saat naik di dalamnya. 

2. Jembatan gantung Pantai Sinden

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!Pantai Sinden (instagram.com/kharinawindi)

Jangan bayangkan bisa menikmati pasir putih seperti di lokasi wisata lainnnya jika berada di Pantai Sinden. Pasalnya, pantai yang terletak di Desa Jepitu, hanya terdapat tebing tinggi nan terjal yang bikin berdebar.

Namun jangan berpikir saat mengunjungi pantai ini tidak bisa melakukan aktivitas seru. Kamu bisa menyeberangi jembatan kayu yang menghubungkan Pantai Sinden dengan Pulau Kalong. Tak hanya jaraknya yang panjang, kamu juga harus menyeberang di atas lautan dengan deburan ombak yang berada di bawahmu. Bagi kalian yang mempunyai  ketakutan di ketinggian, lebih baik jangan main-main ya!

Baca Juga: Pantai Ngetun Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

3. Berpetualang di Gua Jomblang

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!pemandangan Goa Jomblang (goa-jomblang.com)

Ingin cari suasana baru atau wisata selain pantai di Gunungkidul? Gak ada salahnya menjajal Gua Jomlang. Kamu masuk ke dalam perut bumi dan menyusuri bebatuan di dalamnya. Pengalaman yang eksotis ini pasti akan membuatmu selalu terkenang dengan tempat yang satu ini. 

Jangan khawatir jika masuk ke dalam gua vertikal adalah yang pengalaman yang pertama, sebab akan ada pendamping yang akan membantumu. Di lokasi wistaa Gua Jomblang, juga tersedia alat keselamatan seperti helm, tali, senter serta sepatu bot agar wisatawan merasa nyaman di dalam gua. 

4. Panjat tebing di Gunung Api Purba Nglanggeran

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!gunung purba nglanggeran (instagram.com/adyssal_adventure)

Bicara soal wisata ekstrem di Gunungkidul, jangan lupa kalau kamu harus mencoba panjat tebing di Gunung Api Purba Nglanggeran. Banyak pilihan tebing dengan berbagai kemiringan dan kesulitan yang seru untuk dicoba. 

Selain melakukan panjat tebing, aktivitas menantang lainnya yaitu mendaki. Untuk sampai ke puncak, jalanan yang harus dilalui tak terlalu terjal, jadi cocok banget buat pemula yang memulai pendakian. 

5. Susur sungai di Gua Pindul

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!gua pindul (instagram.com/goapindulwisata)

Mencari kegiatan bersama keluarga yang aman, tapi tetap memacu adrenalin di Gunungkidul? Jawabannya adalah susur sungai di Gua Pindul. Perjalanan seru menyusuri sungai di dalam gua merupakan pengalaman seru yang cukup menegangkan. Seorang penjaga akan menemanimu untuk mengantarkan sekaligus bercerita tentang keadaan gua. 

Nah, gak jauh dari Gua Pindul terdapat Sungai Oya yang menawarkan aktivitas seru berupa arung jeram. Kapan lagi bisa arung jeram sambil menikmati tebing tinggi yang eksotis kalau bukan di Gunungkidul?

Baca Juga: Profil Hokky Caraka, Striker Andalan Timnas U-19 dari Gunungkidul

6. Paralayang di Bukit Paralayang Watugupit

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!Bukit Paralayang Watugupit (Instagram.com/wisatadiyogyakarta)

Rekomendasi wisata ekstrem lainnya adalah menikmati kecantikan Gunungkidul dari ketinggian menggunakan paralayang. Berada di Bukit Paralayang Watugupit, kamu bisa merasakan 'terbang' dari perbukitan. 

Meski lokasinya gak terlalu jauh dari Pantai Parangtritis, Bukit Paralayang Watugupit masuk di area hutan Giricahyo, Purwosari, Gunungkidul. Jika kamu memiliki keberanian naik paralayang, siapkan bujet sekitar Rp300 ribuan ya!

7. Menikmati kuliner belalang goreng

7 Wisata Ekstrem di Gunungkidul, Bukan Buat Si Penakut!belalang goreng (pixabay.com/kai62)

Gunungkidul gak hanya mempunyai wisata alam yang menantang, ada juga kuliner unik yang jarang ditemukan di daerah lain, yaitu menikmati belalang goreng. Hewan yang selama ini dinilai mengganggu para petani, diubah warga setempat menjadi camilan yang renyah. Di sepanjang jalan hingga toko oleh-oleh di Gunungkidul, belalang goreng dpaat ditemui dengan mudah!

Lengkap kan wisata ekstrem di Gunungkidul? Mulai dari pantai, gua, sampai kuliner unik pun ada. Kira-kira, kamu mau mencoba yang mana dulu nih?

Baca Juga: 11 Pura Hindu di Gunungkidul, Ada yang Berada di Tepi Pantai

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya