Comscore Tracker

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Hidden gems di Bantul untuk wisata sampai prewedding

Jangan heran, Jogja selalu punya tempat baru yang selalu pengin membuatmu jalan-jalan terus. Salah satunya adalah wisata Batu Kapal yang menjadi viral di media sosial. 

Berlokasi di Kabupaten Bantul, tempat Batu Kapal layak dijadikan tujuan wisata alam bersama teman atau keluarga. Penasaran ? Yuk, simak lebih dulu info Batu Kapal mulai dari lokasi, rute.

1. Lokasi wisata Batu Kapal

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipswisata batu kapal (instagram.com/monicafirera)

Mencari tempat wisata yang masih asri dan jauh dari kemacetan Jogja, Batu Kapal layak dikunjungi. Meski bukan tempat wisata yang baru, tempat piknik ini terkenal dengan keasrian lokasinya. Berada di area hutan rakyat, yaitu di kawasan Srimulyo lokasi ini hanya berjarak 13 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Kamu akan menyaksikan langsung keindahan alam berupa sungai jernih yang diapit bebatuan sedimen yang eksotis. 

Alamat: Klenggotan RT 01, Srimulyo, Kapanewon Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Rute menuju wisata Batu Kapal

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipswisata batu kapal (instagram.com/photoyourtravel_official)

Dari pusat Kota Yogyakarta, ambil arah menuju selatan menuju Jalan Sosrokusuman lurus ke arah timur hingga di  simpang empat Jalan Gedongkuning. Pilih ke arah selatan hingga simpang empat PLN ambil ke arah timur menuju Jalan Wonosari.

Menyusuri Jalan utama Jogja-Wonosari, sedulur akan melewati tempat rekreasi Kids Fun. Dari situ ada simpang empat, sedulur tinggal mengambil arah ke timur hingga menemukan jembatan Kali Opak.

Kamu bakal menemukan di sisi timur jembatan Pasar Wage. Dari situ menuju ke timur, hingga menemukan simpang 3 BUKP Kecamatan Piyungan. Sesampainya di simpang tiga ambil arah ke utara atau ke kiri tepatnya masuk ke gapura bertuliskan Klenggotan. Dari situ tinggal mengikuti petunjuk jalan menuju ke Batu Kapal.

 

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Air Menakjubkan di Bantul-Yogyakarta

3. Jam operasional dan harga tiket Batu Kapal

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipsbatu kapal, piyungan (instagram.com/dewi_rhmd)

Wisata Batu Kapal buka setiap hari dari pukul 07.30-17.30 WIB, jadi tak perlu menunggu weekend untuk berkunjung. Namun bicara soal mencari waktu terbaik, tentu dari bulan November sampai Februari adalah musim hujan.

Sementara untuk tiket masuk menjadi salah satu lokasi syuting film KKN di Desa Penari ini cukup seikhlasnya. Meskipun tak ditentukan, pastikan kamu turut memberikan kontribusi dalam jumlah terbaik supaya tempat wisata ini semakin terurus dan menawan!

4. Fasilitas yang dimiliki Batu Kapal

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipswisata batu kapal (instagram.com/linda_anakottapary)

Batu Kapal sering dijadikan salah satu lokasi foto prewedding outdoor di Bantul. Jika kamu dan pasangan tertarik, jangan lupa untuk lapor kepada pengurus dan menyiapkan biaya sewa tempat senilai Rp300 ribu. Gak mahal dan bikin fotomu makin estetik. 

Tak perlu khawatir soal fasilitas karena terbilang cukup lengkap. Ada beberapa warung sederhana yang bisa didatangi untuk membeli minum atau kudapan sebagai pengganjal perut. Toilet yang tersedia pun bersih. 

5. Tips berkunjung

Info Wisata Batu Kapal, Bantul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipswisata batu kapal bantul (instagram.com/lkhnsa)

Ingin berkunjung ke Batu Kapal? Yuk, perhatikan tips berikut ini supaya pengalaman main lebih seru dan minim drama. 

  • Hindari pakai sandal apalagi yang alasnya licin karena akan menyulitkan saat berjalan. 
  • Membawa jas hujan untuk berjaga-jaga saat berkunjung di musim hujan
  • Hindari bermain atau mandi di sungai saat musim hujan atau saat aliran sungai deras
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan memudahkanmu untuk bergerak
  • Membawa pakaian ganti
  • Jangan buang sampah sembarangan


Yuk, langsung ajukan cuti dan ajak sekalian orang tersayangmu buat liburan bareng di Batu Kapal ini. Jangan kerja terus!

Baca Juga: 9 Potret Selopamioro Bantul, Wisata Susur Sungai dengan Laskap Memukau

Dyar Ayu Photo Community Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya