Comscore Tracker

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburan

Destinasi wisata alam hasil dari fenomena eksokarst lho!

Puncak Kosakora merupakan bukit di pinggir pantai Gunungkidul yang memiliki pemandangan lautan nan megah. Tempat ini menyajikan pemandangan yang eksotis dan cocok untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Aktivitas camping juga menjadi salah satu pilihan tepat untuk kamu saat memutuskan untuk mengunjungi di Puncak Kosakora.

Penasaran dengan keindahan Puncak Kosakora? Berikut ini terdapat beberapa informasi terkait tempat wisata yang bisa menjadi referensi berliburmu. Yuk, simak informasinya!

Baca Juga: 5 Aktivitas Seru di Bukit Pengilon Gunungkidul, Coba Sendiri!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket  

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/wisata_puncak_kosakora)

Lokasi: Kalurahan Ngestiharjo, Kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jam operasional: Buka 24 jam setiap hari.

Harga tiket: Rp10 ribu.

2. Rute menuju Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/halahhdaa)

Rute menuju Puncak Kosakora dari Kota Jogja yang paling populer adalah menuju Jalan Wonosari–Piyungan–Patuk–Gading–Wonosari–Jalan Baron–Pantai Baron–Pantai Kukup–Pantai Drini ke timur hingga menjumpai parkir menuju Puncak Kosakora.

Jarak dari Kota Jogja ke Puncak Kosakora kurang lebih adalah 75 km dan waktu tempuh kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Puncak Kosakora sekitar 2 jam atau lebih.

Untuk sampai ke puncaknya sendiri, kamu harus siap berjalan kaki sekitar 30 menit dari area parkir dengan melewati Pantai Ngerumput terlebih dahulu. Sebelum sampai di Puncak Kosakora, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan padang rumput yang luas yang akan memanjakan mata.

3. Pesona Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/candra_ulandry)

Puncak Kosakora merupakan destinasi wisata alam hasil dari fenomena eksokarst lain di Gunungkidul. Puncak Kosakora berada di jajaran garis pantai Gunungkidul, puncak ini juga diapit oleh beberapa pantai seperti Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang dan Pantai Ngrumput yang berada tepat di bawahnya. Hal inilah yang membuat Puncak Kosakora menjadi salah satu tempat liburan yang menarik di Gunungkidul. Tak hanya itu, puncak ini memiliki ketinggian sekitar 50 mdpl dan cocok untuk berkemah.

Selain itu, Puncak Kosakora memiliki pesona tersendiri yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke sini. Puncak ini mempunyai hamparan rumput luas yang berpadu dengan pemandangan laut lepas dan langit biru yang membentang menjadi spot favorit yang di incar para travellers untuk berswafoto dan selfie. Dari puncak ini, kamu juga akan mendapatkan pemandangan istimewa Pantai Ngrumput dan sekitarnya lho!

Baca Juga: Puncak Sosok: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

4. Fasilitas yang tersedia di Puncak Kosakora

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/jogjascenery)

Di Puncak Kosakora sudah tersedia berbagai macam fasilitas wisata yang lengkap untuk menunjang kegiatan wisata pengujung. Berikut fasilitas yang bisa pengunjung nikmati ketika berlibur di Puncak Kosakora, antara lain area parkir wisata, musala, toilet/kamar mandi umum, warung makan, tempat camping, dan spot foto.

Menikmati keindahan dan panorama mengagumkan dari Puncak Kosakora akan memberikan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Buat kamu yang ingin berkemah tapi tidak memiliki perlengkapan berkemah, tenang saja, karena kamu bisa menyewanya di lokasi, lho! Di sini terdapat penyewaan alat kemah seperti tenda hingga kayu bakar.

5. Spot wisata di Bukit Kosakora

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/wisata_puncak_kosakora)

Banyak sekali aktivitas menarik dan seru yang bisa kamu nikmati ketika berlibur di Puncak Kosakora, berikut di antaranya:

1. Menikmati suasana alam

Menyajikan keindahan alam yang eksotis dan memesona, menjadikan Puncak Kosakora menjadi pilihan yang tepat untuk tempat berlibur dan memanjakan pikiran yang jenuh akan suasana perkotaan.

2. Tempat untuk menyaksikan sunrise dan sunset yang memesona

Selain menikmati pemandangan alam yang memesona, kamu juga bisa menikmati sajian panorama sunset yang menakjubkan yang bisa kamu saksikan dari atas bukit lho. Kamu bisa berkemah sembari minum kopi dan melihat sunrise maupun sunset di sini.

3. Camping yang menyenangkan

Aktivitas favorit yang banyak dilakukan pengunjung saat berlibur ke Puncak Kosakora yaitu melakukan kegiatan camping. Dengan berkemah, kamu akan dapat menyaksikan pesona keindahan alam yang luar biasa dari tempat ini.

6. Tips liburan seru

Puncak Kosakora Gunungkidul: Rute, Lokasi, Harga, dan Tips Liburanpotret Puncak Kosakora (Instagram.com/halahhdaa)

Untuk kamu yang tertarik berlibur ataupun berwisata ke Puncak Kosakora, berikut ini beberapa tips liburan seru dan menyenangkan yang bisa kamu jadikan pedoman sebelum berlibur!

  • Perjalanan menuju Puncak Kosakora membutuhkan stamina yang kuat dan pastikan tubuh fit dan membawa makanan dan minuman karena perjalanan ini akan menguras tenaga.
  • Hindari datang saat cuaca mendung atau hujan. Karena jalan yang dilalui menuju ke Puncak Kosakora masih berupa jalan setapak dan masih sangat alami dengan medan menanjak serta bebatuan karang tajam sehingga harus ekstra hati-hati saat turun hujan.
  • Disarankan mengunjungi Puncak Kosakora pada waktu pagi atau sore hari karena kamu dapat menyaksikan terbit dan tenggelamnya matahari dari Puncak Kosakora.
  • Karena menghadapi medan yang sulit dengan banyaknya bebatuan tajam, maka gunakanlah alas kaki yang nyaman dan aman untuk berjaga-jaga supaya kaki kamu tidak terluka.
  • Kamu lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi, karena akan memudahkan akses untuk menuju lokasi wisata.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pribadi dan kamera untuk mengabadikan momen berlibur agar semakin tak terlupakan.
  • Jangan lupa memakai sunscreen untuk menghindari terik matahari secara langsung.


Tetap berhati-hati dan jaga kebersihan ya. Selamat berlibur!

Baca Juga: Puncak Pinus Becici: Lokasi, Rute, Harga Tiket, dan Tips Wisata

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya