Comscore Tracker

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips Liburan

Hidden gem di Gunungkidul dengan lanskap alam yang memukau

Destinasi wisata alam di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memang tidak akan ada habisnya untuk dieksplorasi. Bahkan, masih banyak hidden gem dan wisata alam baru yang masih belum terekspos dan sepi pengunjung. Salah satunya adalah Pantai Trenggole.

Pantai Trenggole merupakan pantai baru di Gunungkidul yang lokasinya berada di sebelah timur Pantai Indrayanti. Jika kamu penasaran dan ingin berlibur di Pantai Trenggole, berikut ini beberapa informasi terkait tempat wisata yang bisa kamu jadikan panduan dalam berlibur!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips LiburanPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/beno_wiraatmaja)

Lokasi: Dusun Ngasem, Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul.

Jam operasional: Buka 24 jam.

Harga tiket: Rp10 ribu.

Baca Juga: Pantai Mbuluk Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

2. Rute menuju lokasi

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips LiburanPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/oreo_photo_)

Melalui Alun-alun Gunungkidul:

Dari Alun-alun Gunungkidul menuju Pasar Hargosari - akan ada pertigaan kedua setelah pasar ambil arah kanan menuju Jalan Baron - Karangrejek - Mulo (ada pertigaan lurus saja) - Kemiri - Polsek Tanjungsari - Kemadang.

Setelah sampai di pos Tempat Pembayaran Retribusi (TPR), ada pertigaan belok kiri - Pertigaan Pantai Kukup belok kiri - Pantai Sepanjang - Pantai Drini - Pantai Krakal - Pantai Sundak - Pantai Somandeng - Pantai Indrayanti - Pertigaan lurus - Pantai Trenggole.

3. Fasilitas yang tersedia

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips LiburanPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/53pri)

Pantai Trenggole Gunungkidul memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang aktivitas pengunjung saat berada di sini, di antaranya:

  • Area parkir luas
  • Penginapan di sekitar pantai
  • Kamar mandi umum
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Area camping
  • Berbagai spot foto

Walaupun fasilitas yang ada di Pantai Trenggole tidak selengkap pantai lain di Gunungkidul, namun fasilitas di atas sudah cukup memadai untuk membuat liburanmu seru dan menyenangkan. Pantai ini cocok bagi kamu yang menyukai pemandangan alam yang masih sepi, lho!

4. Keindahan Pantai Trenggole

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips LiburanPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/gunungkidul.ig)

Pantai Trenggole yang merupakan salah satu destinasi wisata baru di Gunungkidul ini memiliki berbagai pesona alam yang memukau. Pantai ini berpasir putih dan memiliki warna air laut yang indah berwarna biru kehijauan yang menyegarkan. Suara gemuruh ombak yang menerpa batuan karang di tepi pantai dengan semilir angin akan membuat suasana lebih menyenangkan. Pada bagian tepi pantai, kamu juga bisa melihat tumbuhan khas pantai seperti pohon cemara udang dan pandan laut yang rindang.

Selain itu, Pantai Trenggole juga memiliki batuan karang yang unik dan menarik yang bisa kamu jadikan spot foto yang instagenic. Jika kamu sudah lelah berkeliling pantai, kamu bisa berkuliner, lho. Di sekitar Pantai Trenggole terdapat banyak warung makan yang menjual aneka seafood yang akan melengkapi aktivitas liburanmu di sini.

5. Tips liburan seru

Pantai Trenggole Gunungkidul: Rute, Lokasi, dan Tips LiburanPantai Trenggole Gunungkidul (Instagram.com/gunungkidul.scenery)

Bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke hidden gem yang satu ini. Berikut beberapa tips liburan seru dan menyenangkan yang bisa kamu jadikan referensi dalam berliburmu nanti!

  • Disarankan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, karena letak pantai yang cukup tersembunyi agar lebih mudah menjangkaunya.
  • Datanglah saat cuaca cerah dan berawan. Selain itu, hindari saat cuaca mendung atau hujan karena pemandangannya tidak akan sebagus saat cuaca cerah.
  • Pakailah OOTD yang nyaman untuk berfoto di Pantai Trenggole.
  • Jangan lupa untuk memakai sunscreen untuk menghindari paparan sinar matahari.
  • Supaya liburanmu lebih berkesan, ajaklah teman, sahabat ataupun keluargamu juga ya!

Berlibur di pantai dengan orang tersayang tentu akan menjadi momen yang menarik dan tak terlupakan. Terlebih lagi, Pantai Trenggole merupakan hidden gem yang masih sepi pengunjung sehingga cocok untuk dijadikan tempat quality time. Selamat berlibur!

Baca Juga: 6 Desa Wisata di Gunungkidul, Sajikan Keindahan Alami 

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Community Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya