PSIM Yogyakarta Tahan Imbang 1-1 Barito Putera

Erwan puji mentalitas anak asuhnya hadapi Liga 1

Yogyakarta, IDN Times - TIm PSIM Yogyakarta kembali melakukan uji tanding lawan tim sepak bola Liga 1. Setelah menang melawan PSIS Semarang, Tim Laskar Matarama menjajal Barito Putera. Pertandingan yang dilakukan Sabtu (3/12/2022) sore, PSIM menahan imbang Barito Putera dengan skor akhir 1-1. 

1. Puji mentalitas anak asuhnya

PSIM Yogyakarta Tahan Imbang 1-1 Barito PuteraErwan Hendarwanto, pelatih kepala PSIM Yogyakarta / psimjogja.id

Pelatih kepala PSIM, Erwan Hendarwanto memuji anak asuhnya yang berhasil menjalankan instruksinya dengan baik di lapangan daat mencoba skema baru yang memang belum pernah dimainkan.

“Kita coba skema baru, tidak hanya dengan skema baku kita 4-3-3 atau 4-2-3-1, tadi kita juga coba dengan 3-4-3 atau 3-5-2 dan itu bisa dilakukan dengan baik meskipun ada beberapa yang memang harus kita perbaiki,” ucap Erwan.

Ia juga mengapresiasi mentalitas anak asuhnya saat menghadapi tim liga 1. Menurutnya para penggawa telah menemukan kepercayaan diri.

“Satu apresiasi ke pemain bahwa sekarang mereka mulai menemukan kepercayaan diri. Secara mentalitas, mereka melawan tim liga 1 bisa memberikan perlawanan, semangat juang dan motivasi mereka terus terjaga,” ungkap Erwan dikutip laman resmi klbu, Minggu (4/12/2022). 

 

2. Catatan pelatih Erwan untuk para penggawa

PSIM Yogyakarta Tahan Imbang 1-1 Barito PuteraLaga latih tanding antara PSIS Semarang dengan PSIM Yogyakarta di Stadion Moch Soebroto Magelang, Jumat (25/11/2022). (Dok. PSIS)

Pelatih asal Magelang ini juga menyampaikan beberapa catatan yang harus diperbaiki sebelum kompetisi Liga 2 musim 2022/2023 dimulai, di antaranya finishing para pemain untuk menghasilkan gol. 

“Ada beberapa catatan terutama dengan 3 bek bagaimana mereka build-up, itu masih menjadi kendala. Tapi kedepan saya yakin ini akan menjadi pola alternatif kita yang bisa dimainkan pemain dengan baik. Terus finishing, tadi kita lihat banyak peluang yang belum menjadi gol, tapi kan ini proses kita menuju kompetisi. Kalau kemarin ketika lawan PSIS, kita di fase build up awal gagal karena high press dari PSIS, maka hari ini kita bisa lepas dari itu meskipun di sepertiga akhir pertahanan lawan kita belum bisa memanfaatkan peluang,” ujar Erwan.

Baca Juga: Libur Kompetisi, PSIM Targetkan Tiap Akhir Pekan lakukan Uji Tanding

3. Uji tanding lawan klub liga 1, PSIM terjunkan semua pemain

PSIM Yogyakarta Tahan Imbang 1-1 Barito Puteralogo psim (jogja.tribunnews.com)

Erwan juga menurunkan semua anak asuhnya agar mereka bisa merasakan atmosfer bermain dengan tim Liga 1.

“Kita mainkan semua, biar mereka semua merasakan hasil dari latihan. Kita harus melihat semua potensi pemain sehingga tadi sangat positif mereka bisa bermain dengan baik. Dengan uji coba tadi, saya melihat bisa memainkan siapa aja dengan skema apa saja. Di babak kedua kita rotasi semua, agar semua bermain meskipun menitnya tidak sama, biar mereka semua bisa merasakan atmosfer bermain dengan tim Liga 1,” lanjutnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya