Kompetisi EPA Liga 1 2023/2024 Libur, Tim PSS Benahi Fisik

Kebugaran pemain didata

Sleman, IDN Times - Kompetisi Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 2023/2024, libur hingga selesainya gelaran Piala Dunia U-17 yang berlangsung di empat kota di Indonesia. Pelatih fisik PSS Sleman EPA Liga 12023/2024, Tegar Satya Haprabu melakukan pembenahan serta recovery kebugaran fisik para pemain.

“Di jeda kompetisi ini memberikan waktu yang baik untuk saya memberikan recovery serta meningkatkan kebugaran fisik pemain. Saya akan membenahi seluruh aspek fisik pemain, yakni daya tahan, strength, power, dan agility menjadi fokus saya supaya pemain dapat tampil lebih maksimal di putaran kedua nanti,” katanya dikutip laman resmi klub, Sabtu (11/11/2023).

1. Tingkat kebugaran pemain berbeda

Kompetisi EPA Liga 1 2023/2024 Libur, Tim PSS Benahi FisikIlustrasi pemain sepak bola (Pexels.com/RF_Studio)

Menurut Tegar Satya Haprabu, setiap pemain memiliki tingkat kebugaran fisik yang berbeda. Pria 25 tahun itu telah menyiapkan program latihan agar tidak terjadi perbedaan yang tajam satu pemain dengan lainnya ketika kick off EPA Liga 1 kembali bergulir.

“Saya tentu saja memberikan ekstra latihan atau menu latihan tambahan untuk beberapa pemain agar pemain tersebut bisa tampil lebih maksimal di sisa pertandingan yang akan dijalani di kompetisi nanti,” kata Tegar Satya Haprabu.

 

2. Kebugaran pemain didata

Kompetisi EPA Liga 1 2023/2024 Libur, Tim PSS Benahi FisikPelatih fisik PSS Sleman EPA Liga 12023/2024, Tegar Satya Haprabu (pssleman.id)

Tegar Satya Haprabu juga mendata kebugaran para pemain PSS Sleman EPA Liga 1 2023/2024 dengan menggandeng Tim Medis PSS Sleman Development Center.

“Beberapa pemain memiliki kebugaran fisik yang kurang maksimal. Ada beberapa pemain yang menjalani pemulihan karena mengalami cedera sebelum kompetisi bergulir,” ucap Coach Tegar sapaan akrabnya.

 

Baca Juga: PSMS Rekrut Dave Mustaine Eks PSS Sleman, Ini Rekam Jejaknya

3. Tidak ada perbedaan dalam pola latihan

Kompetisi EPA Liga 1 2023/2024 Libur, Tim PSS Benahi Fisikilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Disinggung mengenai materi latihan fisik di jeda kompetisi, Tegar menyatakan tidak ada perbedaan secara prinsip baik di pra musim maupun ketika kompetisi bergulir.

“Namun saya akan memberikan penyesuaian-penyesuaian materi latihan terhadap situasi dan kondisi pemain. Sebelumnya saya terus berdiskusi dengan pelatih kepala dan tim pelatih lainnya menyusun periodisasi dan formula latihan yang tepat, sehingga tim akan jauh lebih kuat dan lebih siap di putaran kedua nanti,” katanya.

Baca Juga: Kaca Akrilik Bench Pemain di Stadion Maguwoharjo Diganti Lebih Kuat

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya