Jelang Kompetisi Liga 2, PT LIB Verifikasi Stadion Mandala Krida

Stadion Mandala Krida jadi kandang PSIM

PT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) memverifikasi Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Sabtu (2/9/2023) menjelang bergulirnya Liga 2 2023/2024. Stadion Mandala Krida akan digunakan sebagai homebase PSIM Jogja dalam kompetisi Liga 2. 

PT. LIB selaku operator liga perlu melakukan pemeriksaan menyeluruh terkait kesiapan setiap tim peserta Liga 2 musim ini. Dalam kunjungannya di Yogyakarta, PT. LIB memastikan kesiapan PSIM Jogja sebelum resmi berlaga di liga mendatang.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PSIM Jogja, Wendy Umar, mengungkapkan kedatangan PT. LIB ke Stadion Mandala Krida untuk memverifikasi stadion yang akan digunakan untuk laga Liga 2.

“PT. LIB datang dalam rangka verifikasi Stadion Mandala Krida yang akan kita gunakan oleh PSIM Jogja untuk kandang liga. Operator ingin memastikan infrastruktur di stadion masing-masing peserta,” katanya.

1. PSIM sebelumnya telah melakukan assesmen

Jelang Kompetisi Liga 2, PT LIB Verifikasi Stadion Mandala KridaFoto aerial stadion Mandala Krida di Baciro, Kota Yogyakarta. Antara Foto/Hendra Nurdiansyah

Menurut Wendy, PSIM Jogja sebelumnya telah melakukan asesmen Stadion Mandala Krida dengan Mabes Polri pada bulan Januari lalu. Dalam asesmen tersebut, Stadion Mandala Krida mendapatkan nilai 70 lebih.

Menurutnya, kekurangan stadion telah disampaikan dalam catatan penilaian tersebut. Catatan tersebut adalah: lampu lapangan, genset, serta sistem keamanan seperti water sprikle dan hidran yang tidak tersedia di Stadion Mandala Krida.

Mengenai catatan tersebut, Wendy mengakui bahwa catatan tersebut sejatinya masih belum bisa dipenuhi oleh PSIM Jogja.

“Seperti kita ketahui Stadion Mandala Krida ini milik Pemda DIY bukan milik PSIM Jogja. Sehingga pemenuhan infrastruktur ini terkendala dengan birokrasi yang ada di pemerintahan,” ujarnya dikutip laman PSIM, Rabu (6/9/2023). 

2. PT LIB beri catatan penggarisan lapangan

Jelang Kompetisi Liga 2, PT LIB Verifikasi Stadion Mandala KridaPT. Liga Indonesia Baru (PT. LIB) memverifikasi Stadion Mandala Krida Yogyakarta(psmjogja.id)

Wendy Umar menambahkan saat melakukan asesmen dengan PT. LIB, catatan mengenai Stadion Mandala Krida tidak jauh berbeda. Namun ada catatan tambahan mengenai penggarisan lapangan. Beberapa garis lapangan yang ada di Stadion Mandala Krida tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh PT. LIB.

“Untuk lapangan, hasil pengukuran ada yang kurang sesuai. Sehingga kita sampaikan ke pihak BPO (Badan Pemuda dan Olahraga) agar dilakukan pengukuran ulang untuk pelaksanaan kompetisi nantinya. Karena kita selaku penyewa saat menyewa stadion sudah termasuk dengan peggarisan lapangan,” ujar Wendy.

Baca Juga: PSIM Jogja Luncurkan Jersey 2023/2024, Terinspirasi Tahun 1996

3. Hasil penilaian PT LIB belum memiliki hasil final

Jelang Kompetisi Liga 2, PT LIB Verifikasi Stadion Mandala KridaStadion Mandala Krida Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Wendy menjelaskan penilaian oleh PT. LIB ini belum memiliki hasil final. Masih menunggu hasil selanjutnya. Adapun kompetisi Liga 2 akan dimulai pada 10 September mendatang. 

“Mudah-mudahan bisa berjalan dengan lancar,” ujar Wendy.

Baca Juga: 6 Hotel Dekat Stadion Mandala Krida, Istirahat Jadi Nyaman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya