Alami Cedera saat Latihan, Kondisi Pemain PSIM Andriansyah Membaik

Pemulihan cedera pemain dipengaruhi faktor usia

Yogyakarta, IDN Times -  Pemain PSIM Andriansyah harus menjalani perawatan setelah mengalami cedera di latihan perdana. Tercatat Andri sudah memasuki pekan ketiga menjalani perawatan pascacederanya.

1. Kondisi Andri sudah berangsur-angsur membaik

Alami Cedera saat Latihan, Kondisi Pemain PSIM Andriansyah MembaikPemain PSIM Jogja Andriansyah (psimjogja.id)

Dr. Rudolf Noer, dokter tim PSIM Jogja menyatakan kondisi Andri sudah berangsur-angsur membaik.

“Alhamdulillah Mas Andri perkembangannya bagus dari hari ke hari dan ini cukup cepat proses penyembuhannya. Perbaikannya cukup cepat. Masih ada yang harus kita evaluasi lagi lebih lanjut sebelum nanti Mas Andri bisa main full lagi bareng sama tim,” kata Rudolf Noer, dikutip laman resmi tim, Selasa (25/7/2023). 

2. Pemulihan Andri dipengaruhi faktor usia

Alami Cedera saat Latihan, Kondisi Pemain PSIM Andriansyah MembaikPemain PSIM Jogja Andriansyah (psimjogja.id)

Menurut Rudolf Noer, dengan usia Andri yang dibilang masih muda memungkinkan sang pemain pulih lebih cepat. Meskipun sudah beberapa kali berlatih bersama dengan pemain lain, Andri masih memiliki program khusus untuknya.

Andri belum sepenuhnya bisa mengikuti porsi latihan yang sama dengan pemain lainnya. Bagi Rudolf, ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga seandainya belum maksimal, tidak akan menambah kerusakan yang sudah terjadi.

Baca Juga: Perkuat Pertahanan Belakang, PSIM Datangkan Joko Supriyanto   

3. Andri sudah bisa lakukan gerakan dasar sepak bola

Alami Cedera saat Latihan, Kondisi Pemain PSIM Andriansyah Membaikilustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Rudolf Noer menjelaskan mengenai pemulihan pemain sepak bola yang mengalami cedera. Dalam proses pemulihan pascacedera dalam olahraga, dikenal istilah “return to sport” dan “return to game”.

Kini Andri, kata Rudolf Noer, sudah masuk dalam kategori “return to sport”. Meskipun masih ada sedikit evaluasi yang perlu dilakukan, Andri sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan dasar olahraga sepak bola. Selain itu, saat ini Andri juga sedang masih dalam tahap pengembalian mental bermainnya.

“Return to game” insyaallah kalau misalnya lancar minggu depan, lah,” ujar Rudolf Noer yang juga menjadi Koordinator Medis Tim PSIM Jogja.

Baca Juga: Sidang Skripsi di UGM, Penjaga Gawang Muda PSS Ngaku Tegang dan Grogi 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya