Profil Ricky Cawor, Penyerang Lincah Andalan PSS Sleman

Memberi warna baru di lini depan Super Elja

Papua seakan tidak pernah kehabisan talenta terbaik di dunia sepak bola. Salah satu nama yang saat ini tengah mencuat adalah Ricky Gawor. 

Pasca gelaran PON XX Papua 2021, pemain bernama lengkap Ricky Ricardo Cawor itu digadang-gadang menjadi penyerang masa depan Indonesia dari Tanah Papua. Pasalnya sebagai seorang striker, ia mempunyai atribut komplit mulai dari olah bolanya yang mumpuni dan penyelesaian akhir yang klinis.

Lantas siapakah sebenarnya Ricky Cawor? Berikut adalah profil penyerang lincah andalan PSS Sleman.

1. Memulai karier dari ajang tarkam

Profil Ricky Cawor, Penyerang Lincah Andalan PSS SlemanRicky Cawor saat berseragam Persimer Merauke. (instagram.com/ricardocawor17)

Ricky Cawor lahir di Merauke pada 26 Januari 1998. Berbeda dari kebanyakan pemain sepak bola lainnya yang meniti karier lewat sekolah bola atau SSB, Ricky justru memulainya dari pertandingan antar kampung atau tarkam.

Tampil apik di banyak turnamen tarkam di Merauke, membuat tim Liga 3, Persimer Merauke tertarik meminangnya pada tahun 2017. Sebelumnya ia sempat bergabung dengan Persemi Mimika, dan akhirnya direkrut Eduard Ivakdalam untuk bergabung dengan tim sepak bola PON Papua di tahun 2018.

2. Tampil gemilang selama PON XX Papua 2021

Profil Ricky Cawor, Penyerang Lincah Andalan PSS SlemanRicky Cawor saat berlaga di PON XX Papua 2021. (instagram.com/ricardocawor17)

Di ajang PON XX Papua 2021, Ricky Cawor didapuk sebagai kapten tim oleh pelatih Eduard Ivakdalam. Ia membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu striker potensial dengan membukukan 11 gol.

Torehan tersebut membuat Ricky Cawor melewati rekor Boaz Solossa sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah di ajang PON. Selain itu, Ricky juga berhasil membawa tim sepak bola PON Papua meraih mendali emas setelah mengandaskan tim PON Aceh dengan skor 2-0.

Baca Juga: PSS Sleman Akhiri Paceklik Poin Tanpa Pemain Asing

3. Menjadi super sub andalan di Persipura Jayapura dan Persija Jakarta

Profil Ricky Cawor, Penyerang Lincah Andalan PSS SlemanRicky Cawor saat berseragam Persija Jakarta. (instagram.com/ricardocawor17)

Tak butuh waktu lama, setelah gelaran PON XX Papua usai, Ricky Cawor langsung direkrut Persipura Jayapura untuk mengarungi Liga 1 2021/2022. Bersama tim Mutiara Hitam, Ricky menjalankan peran sebagai super sub atau pemain pengganti. 

Pemain berusia 25 tahun itu terbilang sukses menjalankan perannya. Ia berhasil mencetak 3 gol bersama Persipura. Akhirnya hijrah ke Persija Jakarta, sayang ia kurang banyak mendapatkan kesempatan menit bermain dan hanya bisa mencetak 1 gol saat ia tampil sebagai super sub.

 

4. Memiliki ambisi besar bersama PSS Sleman

Profil Ricky Cawor, Penyerang Lincah Andalan PSS SlemanRicky Cawor saat merakan golnya ke gawang Borneo FC (18/3).(instagram.com/pssleman)

Setelah kurang mendapatkan menit bermain bersama Macan Kemayoran, Ricky Cawor memutuskan untuk hengkang ke PSS Sleman di paruh kedua Liga 1 2022/2023. Dalam sebuah wawancara di PSS TV, ia mengatakan senang bergabung dengan PSS Sleman, dan ingin memberikan yang terbaik.

Ricky juga punya target untuk bisa mencetak banyak gol bersama Super Elja. Saat ini Ricky sudah bermain sebanyak tujuh laga bersama Laskar Sembada dan sudah mencetak 1 gol.  Apakah pemain bernomor punggung 98 ini layak dipertahankan PSS Sleman untuk Liga 1 musim depan?

Baca Juga: Duh, 2 Pemain PSS Jonathan Cantilina dan Jihad Ayoub Alami Cedera!

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya