Profil I Nyoman Ansanay, Bek Sayap Baru PSS Sleman asal Papua

Perkokoh sektor sayap belakang Super Elja!

PSS Sleman kembali menambah kekuatan di sektor belakang. Terbaru, klub berjuluk Laskar Sembada itu mendatangkan bek sayap kanan asal Papua, I Nyoman Ansanay. Kedatangan pemain berusia 21 tahun menjadi rekrutan ketujuh klub yang bermarkas di Stadion Maguwoharjo, Sleman, itu untuk menghadapi Liga 1 2023/2024.

Rapuhnya lini belakang di Liga 1 musim lalu dan tidak diperpanjangnya sejumlah pilar sektor belakang seperti Bagus Nirwanto dan Marckho Sandy Meraudje, menjadi alasan kuat mengapa klub kebanggaan warga Sleman itu terbilang intens mendatangkan wajah baru di sektor belakang.

Lantas siapakah I Nyoman Ansanay? Berikut adalah ulasan profilnya.

1. Jebolan Persipura Youth dan PON Papua

Profil I Nyoman Ansanay, Bek Sayap Baru PSS Sleman asal PapuaI Nyoman Ansanay (instagram.com/inyoman_niksonm)

Pemain bernama lengkap I Nyoman Nikson Ansanay ini merupakan pemain kelahiran Jayapura, Papua pada 8 Juli 2001. Bek sayap berpostur 174 cm itu merupakan jebolan Persipura Jayapura junior dan sempat promosi ke tim utama pada tahun 2019 saat usianya masih 17 tahun.

Meskipun usianya masih terbilang muda, I Nyoman Ansanay adalah bek sayap yang punya kemampuan fisik dan antisipasi serangan yang baik. Tak heran, pada ajang PON Papua 2021 ia dipanggil tim sepak bola Papua bersama Ricky Cawor dkk. untuk tampil di event olahraga nasional terbesar itu. Ia pun tampil apik dan bisa membawa tim PON Papua meraih medali emas.

2. Pernah membela Persipura Senior dan tampil cukup apik Liga 2 bersama Persiwar Waropen

Profil I Nyoman Ansanay, Bek Sayap Baru PSS Sleman asal PapuaI Nyoman Ansanay (twitter.com/iliga1statistics)

Bakat spesial I Nyoman Ansanay mulai tampak saat usianya masih remaja. Bagaimana tidak, saat usianya masih 18 tahun ia sudah menjalani debut bersama tim Mutiara Hitam. Total pada Liga 1 2021/2022 ia bermain sebanyak 11 kali dan bisa bermain di di banyak posisi seperti bek kanan, bek tengah bahkan penyerang sayap.

Setelah Persipura Jayapura terdegradasi, I Nyoman Ansanay memilih merapat ke tim tetangga, Persiwar Waropen pada tahun 2022. Bersama tim berjuluk Kepiting Papua itu, ia tampil cukup impresif di Liga 2 2022/2023. Sebelum Liga 2 dihentikan ia menjadi pemain dengan jumlah umpan terbanyak di kompetisi dan sudah mencetak 1 gol dari 7 laga yang sudah ia jalani.

Baca Juga: PSS Sleman Rekrut Pemain Muda Asal Jayapura   

3. Jadi pengganti ideal Bagus Nirwanto dan sebagai investasi jangka panjang

Profil I Nyoman Ansanay, Bek Sayap Baru PSS Sleman asal PapuaI Nyoman Ansanay (twitter.com/persipura63)

Salah satu kelemahan PSS Sleman pada Liga 1 musim lalu adalah keroposnya sektor kanan pertahanan yang biasanya diisi oleh Bagus Nirwanto dan Marckho Sandy Meraudje. Mengevaluasi hal tersebut, akhirnya manajemen PSS Sleman tidak memperpanjang dua pemain tersebut dan mencari pengganti di sektor tersebut.

Dipilihnya I Nyoman Ansanay sebagai suksesor Munyeng sapaan akrab Bagus Nirwanto tentu diharapkan bisa memberi warna baru dan memperkokoh benteng pertahanan Super Elang Jawa. Ditambah dengan usianya yang masih 21 tahun tentu bisa jadi investasi menjanjikan bagi tim PSS Sleman di masa mendatang.

Patut kita nantikan kiprah Nyoman Ansanay bersama trio lainnya di sektor belakang seperti Thales Lira, Ifan Nanda, dan Kevin Gomes di Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: Profil Anthony Pinthus, Kiper Filipina yang Direkrut PSS Sleman

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya