Profil Ari Maring, Winger Haus Gol PSIM Yogyakarta

Andalan di lini depan Laskar Mataram

Ari Maring menjadi salah satu pemain yang memperkuat PSIM Yogyakarta untuk kompetisi Liga 2 2023/2024. Performa apik selama trial bersama Laskar Mataram sebelum Liga 2 bergulir, membuat jajaran pelatih yang dipimpin Kas Hartadi tak berpikir dua kali untuk merekrutnya secara permanen.

Kehadiran Ari Maring diharapkan bisa memperkuat kedalaman skuad PSIM Jogja terutama di sektor sayap. Mantan penggawa Nusantara United itu akan bersaing dengan pemain sayap senior seperti Hapidin dan Sugiyanto Baitul Rohman.

Lantas siapakah sebenarnya sosok pemain sayap nomor punggung 15 PSIM Jogja tersebut? Berikut adalah informasi lengkapnya.

1. Pemain asal NTT yang merintis karier bersama Bali United

Profil Ari Maring, Winger Haus Gol PSIM YogyakartaAri Maring (kiri) saat memperkuat Bali United U-19 (instagram.com/maringari)

Pemain dengan nama lengkap Risman Ariyanto Maring ini lahir di Malaka, Nusa Tenggara Barat pada 15 Juni 1998. Meskipun ia lahir di NTT, justru ia mulai menekuni hobinya bermain si kulit bulat sejak remaja dengan ikut SSB atau sekolah sepakbola SSB Ideal Narmada di Lombok, NTB.

Sejak remaja ia memang dikenal sebagai winger yang lincah, cepat, dan punya naluri gol yang tinggi. Sehingga pada tahun 2017, Bali United Youth tertarik untuk meminangnya.

2. Pernah memperkuat banyak klub di Liga 2 dan Liga 3

Profil Ari Maring, Winger Haus Gol PSIM YogyakartaAri Maring saat memperkuat Muba Babel (instagram.com/maringari)

Sayangnya, karier terbaik Ari Maring bersama Serdadu Tri Datu hanya bisa sampai di tingkatan usia di bawah 19 tahun dan tidak bisa menembus skuad inti Bali United. Hingga pada tahun 2018 ia memutuskan untuk bergabung dengan Malang United di Liga 3.

Setelahnya, pemain berpostur 175 cm itu lebih banyak bergonta-ganti tim di tiap musimnya. Ia pernah membela Aceh United, Muba Babel United, Sulut United, hingga terakhir sebelum berseragam PSIM Jogja ia memperkuat Nusantara United di Liga 2 2022/2023.

Baca Juga: Profil Hariono, Tukang Jagal Sekaligus Kapten Baru PSIM Yogyakarta

3. Winger yang cepat dan punya insting gol yang tinggi

Profil Ari Maring, Winger Haus Gol PSIM YogyakartaAksi Ari Maring saat menghadapi PSKC Cimahi dalam lanjutan Liga 2 2023/24 (instagram.com/psimjogja_official)

Sebelum bergabung dengan Laskar Mataram, statistik gol maupun assist Ari Maring tidaklah begitu spesial. Namun, berkat tangan dingin Kas Hartadi, dalam 5 laga awal PSIM Jogja, Ari Maring menjadi sosok yang sangat berbahaya di lini depan. Ia bisa bermain begitu mobile, tidak malas membuka ruang, dan berani melakukan penetrasi ke area kotak penalti lawan.

Total Ari Maring sudah bermain di 5 laga dan sudah mencetak 3 gol sejauh ini. Kehadirannya di sektor sayap memang memberi warna baru terhadap variasi serangan dan ia juga sering jadi kartu AS saat PSIM mengalami kebuntuan. Apabila terus konsisten pundi-pundi gol pemain dengan brewok tipis ini akan terus bertambah ke depannya.

4. Berharap tampil maksimal dan membawa PSIM Jogja mentas di Liga 1 musim depan

Profil Ari Maring, Winger Haus Gol PSIM YogyakartaAri Maring (instagram.com/psimjogja_official)

Meskipun bergabung dengan PSIM Jogja harus melalui jalur trial, ternyata tidak membuat semangatnya patah untuk mengejar mimpinya bermain untuk Laskar Mataram. Dan salah satu hal yang membuat ia begitu semangat adalah peran suporter.

“Saya juga sempat punya cita-cita untuk bermain di klub ini. Sempat melakukan laga uji tanding. Melihat para suporter memberi keinginan untuk bergabung ke klub ini juga,” ujar lelaki berambut keriting ini dilansir laman resmi klub.

Target manajemen untuk promosi ke Liga 1 musim mendatang, ternyata juga sejalan dengan apa yang diinginkan Ari Maring. Pemain bernomor punggung 15 itu pun selain ingin tampil maksimal di setiap kesempatan yang diberikan pelatih Kas Hartadi, ia juga ingin membawa Laskar Mataram mentas di kompetisi sepakbola teratas di Indonesia musim depan.

Itulah profil pemain sayap PSIM Yogyakarta, Ari Maring. Denga performa yang apik yang ia tunjukkan dalam 5 laga awal ini, bukan tidak mungkin raihan golnya akan semakin bertambah dan membantu tim untuk terus tampil optimal. Patut kita tunggu konsistensi pemain asal Nusa Tenggara Timur ini.

Baca Juga: 4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya