4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025

Modal berharga yang harus dimanfaatkan!

PSIM Yogyakarta tampak serius menghadapi kompetisi Liga 2 20223/2024. Target tinggi dipatok oleh manajemen, yakni Laskar Mataram bisa promosi ke Liga 1 musim mendatang.

Mulai dari persiapan lebih awal hingga strategi transfer pemain yang terbilang tepat guna. Selain itu, klub kebanggaan warga Kota Yogyakarta ini juga beberapa faktor kunci yang bisa jadi modal untuk promosi ke Liga 1.

Berikut adalah 4 faktor penting yang dimiliki oleh tim yang bermarkas di Stadion Mandala Krida ini untuk lolos ke Liga 1.

1. Strategi transfer jitu dengan mendatangkan sederet nama-nama berpengalaman

4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025Skuad PSIM Yogyakarta tengah menjalani latihan (instagram.com/psimjogja_official)

Meskipun banyak dihuni wajah-wajah baru musim ini, namun skuad PSIM Yogyakarta saat ini terbilang cukup merata. Apalagi manajemen terbilang melakukan strategi transfer pemain yang jitu, dengan mendatangkan sejumlah pemain yang sudah kenyang pengalaman bermain di Liga Indonesia khususnya Liga 1.

Nama-nama senior macam Wahyu Tri Nugroho sebagai kiper, Purwaka Yudhi, Dias Angga, Jajang Sukmara, Hariono, hingga bomber gaek Alexsandar Rakic siap menjadi tulang punggung Laskar Mataram di Liga 2 2023/2024. Dengan pemain-pemain ini tentu diharapkan bisa membuat PSIM tampil konsisten dan tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi di kerasnya kompetisi Liga 2.

2. Memiliki pelatih yang punya track record apik di kancah sepakbola nasional

4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025Kas Hartadi, pelatih PSIM Yogyakarta (instagram.com/psimjogja_official)

Skuad yang mumpuni tentu akan sangat sia-sia juga tidak diramu oleh juru taktik yang mumpuni pula. Beruntungnya, Laskar Mataram, punya nakhoda tim yang punya track record bagus di kancah sepakbola nasional.

Pelatih asal Solo berusia 52 tahun itu, tercatat pernah membawa Sriwijaya FC juara Liga Indonesia 2011/2012 dan membawa 2 klub Liga 2 promosi ke Liga 1, yakni Kalteng Putra pada tahun 2019 dan Dewa United pada 2021. Dengan kapasitas yang Kas Hartadi miliki, tentu paling tidak memberikan optimisme tinggi bagi skuad, manajemen, dan suporter untuk menyaksikan PSIM Jogja di Liga 1 musim mendatang.

Baca Juga: Profil Andreas Esswein, Gelandang Jangkar Anyar PSIM dari Filipina

3. Punya persiapan yang matang menatap Liga 2 musim 2023/2024

4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025Skuad PSIM Yogyakarta tengah menjalani latihan sebelum Liga 2 2023/2024 bergulir (instagram.com/psimjogja_official)

Meskipun Liga 2 dimulai tanggal 10 September, PSIM Yogyakarta sudah mulai menggembleng latihan fisik, taktik, hingga mental sejak 1 Juli 2023. Hal tersebut tak lain tidak bukan karena semata-mata untuk menyiapkan tim agar mampu merealisasikan target untuk lolos Liga 1 2024/2025.

Selain latihan PSIM Jogja juga rutin melakukan laga uji coba baik bersama klub lokal maupun klub Liga 2 seperti PSPS Riau, Sriwijaya FC, dan Persekat Tegal. Hasilnya pun cukup bagus, anak asuh Kas Hartadi hanya menderita satu kali kekalahan dan sisanya berakhir bagi kemenangan Laskar Mataram.

4. Adanya dukungan penuh dari suporter

4 Faktor yang Bisa Membawa PSIM Promosi ke Liga 1 2024/2025Wahyu Tri Nugroho yang melakoni laga perdana Liga 2 melawan PSKC Cimahi (instagram.com/psimjogja_official)

Faktor non-teknis yang bisa jadi modal berharga PSIM Yogyakarta untuk lolos ke Liga 1 musim mendatang adalah memiliki suporter yang loyal dan fanatik. Selain tentunya bisa memberikan pemasukan pada klub, suporter Brajamusti, The Maident, atau kelompok lainnya tentu bakal memberi api semangat lebih bagi para penggawa untuk tampil optimal di tiap laga.

Terlebih jika laga home bisa dipastikan Stadion Mandala Krida akan penuh sesak dan ramai dengan pekikan semangat bagi PSIM Jogja. Modal inilah yang seharusnya bisa dimanfaatkan PSIM Yogyakarta, karena tidak semua tim Liga 2 punya basis suporter yang besar dan militan.

Dengan persiapan yang matang, pemain dan pelatih yang mumpuni , ditambah dukungan tiada henti dari para supporter, tidak ada lagi alasan untuk gagal di Liga 2 musim ini. Lantas, bagaimana menurutmu kans PSIM untuk promosi Liga 1 musim mendatang? 

 

Baca Juga: Kiper Muda PSIM Jadi Sorotan, Amankan Gawang saat Lawan Malut United  

Candra Septian Bantara Photo Community Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya