PBSI: Pertolongan Pertama Zhang Zhi Jie Sesuai SOP Turnamen

Pertolongan darurat kepada atlet China itu dikritik

Intinya Sih...

  • PBSI membela pertolongan darurat pada Zhang Zhi Jie yang dikritik setelah kolaps dalam laga BAJC 2024 di Yogyakarta.
  • Prosedur pertolongan sesuai SOP dan guidelines BWF dan Badminton Asia, dengan dokter memutuskan membawa Zhang ke rumah sakit rujukan dalam waktu singkat.
  • RSPAU dr. S. Hardjolukito dipilih sebagai rumah sakit rujukan sesuai rekomendasi federasi badminton Asia dan prospektus yang disetujui oleh referee.

Yogyakarta, IDN Times - Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) buka suara usai pertolongan darurat pada Zhang Zhi Jie dikritik usai pebulu tangkis China itu kolaps saat melakoni laga Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 di GOR Amongrogo, Kota Yogyakarta, Minggu (30/6/2024). Zhang Zhi Jie pun dinyatakan meninggal dunia setelah sempat dibawa ke RSPAU Dr. S. Hardjolukito dan RSUP Dr. Sardjito, Minggu malam.

 

1. Penuhi SOP turnamen

PBSI: Pertolongan Pertama Zhang Zhi Jie Sesuai SOP TurnamenKepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy, menjelaskan tim medis dan dokter turnamen baru masuk ke lapangan untuk memberikan pertolongan kepada Zhang Zhi setelah adanya call dari referee.

Kata dia, prosedur itu sesuai SOP dan guidelines yang berlaku di setiap turnamen bulu tangkis internasional dari BWF dan Badminton Asia.

"Tim medis masuk arena untuk melakukan pemeriksaan survei awal dan pertolongan awal sesuai dengan prosedur," kata Broto saat menggelar sesi konferensi pers di Kantor KONI DIY, Kota Yogyakarta, Senin (1/7/2024).

2. Sepuluh menit perjalanan ke RS

PBSI: Pertolongan Pertama Zhang Zhi Jie Sesuai SOP TurnamenIlustrasi IGD (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Broto melanjutkan, usai pemberian pertolongan pertama, dokter turnamen memutuskan untuk segera melarikan Zhang ke RSPAU dr. S. Hardjolukito sebagai rumah sakit rujukan yang berjarak 4,7 kilometer dari lokasi turnamen.

Menurutnya, dokter hanya membutuhkan waktu 1 menit 20 detik dari pertama kali masuk ke lapangan hingga memutuskan membawa Zhang ke rumah sakit menggunakan mobil ambulans.

"Dengan durasi (perjalanan) 10 menit," imbuhnya.

Baca Juga: Atlet China di BAJC 2024 Meninggal, Polisi Lakukan Penyelidikan

3. RS rujukan sudah disetujui

PBSI: Pertolongan Pertama Zhang Zhi Jie Sesuai SOP TurnamenZhang Zhi Jie (instagram.com/badmintonasia.official)

Sepenuturan Broto, penunjukkan RSPAU dr. S. Hardjolukito sebagai sebagai rumah sakit rujukan juga sudah sesuai dengan rekomendasi federasi badminton Asia, khususnya menyangkut jarak serta fasilitas yang tersedia.

"Selain itu sudah dicantumkan dalam prospectus yang disetujui oleh referee," ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Pebulu Tangkis China Zhang Zhi Jie Meninggal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya