PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi Jie

Agar kejadian serupa tak terulang kembali

Intinya Sih...

  • PP PBSI akan menyurati BWF terkait insiden kematian Zhang Zhi Jie di BAJC 2024
  • PBSI mendorong adanya kajian ulang regulasi terkait keselamatan atlet
  • Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy, meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan video kolaps Zhang demi menghormati keluarga

Yogyakarta, IDN Times - Kepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy, menyatakan pihaknya bakal menyurati Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menyusul insiden Zhang Zhi Jie di Badminton Asia Junior Championship (BAJC) 2024 di Yogyakarta, Minggu (30/6/2024) kemarin. Zhang yang merupakan pebulu tangkis asal China itu meninggal dunia setelah mengalami kolaps ketika melawan Kazuma Kawano dari Jepang.

1. Kaji ulang aturan pertolongan darurat

PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi JieTunggal putra muda China, Zhang Zhi Jie (X.com/OmaGillClarck)

Broto menuturkan, pihaknya akan menyurati BWF menyangkut aturan yang memungkinkan bagi tim medis mendatangi atlet di arena apabila sudah diizinkan dari wasit laga. 

"PBSI akan membawa kasus ini ke BWF demi kebaikan dan keselamatan atlet di masa mendatang," kata Broto saat menggelar sesi konferensi pers di Kantor KONI DIY, Kota Yogyakarta, Senin (1/7/2024).

PBSI mendorong adanya kajian ulang regulasi terkait sehingga kejadian macam yang menimpa Zhang tak lagi terulang.

"Kita berharap ke depannya memang harus lebih cepat lagi bila terjadi kejadian darurat, mungkin aturan itu bisa dikalahkanlah karena semuanya demi keselamatan atlet dan juga untuk kebaikan bagi seluruh pemain yang bertanding di tengah lapangan," harap Broto.

2. Tanyakan ke wasit

PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi JieKepala Bidang Humas dan Media PP PBSI, Broto Happy. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Menurut Broto, wasit memang secara penuh mengendalikan pertandingan bulu tangkis. Tapi, dia menyerahkan kepada wasit soal alasan izin yang tidak diberikan langsung kepada medis saat Zhang kolaps di lapangan.

"Kalau dilihat di video (Zhang kolaps) itu, referee belum ada, belum masuk, atau belum memanggil tim medis yang ada di lapangan.  Kalau soal kenapa mungkin bisa ditanyakan ke referee," ucapnya.

Baca Juga: PBSI: Pertolongan Pertama Zhang Zhi Jie Sesuai SOP Turnamen

3. Jangan sebar video Zhang

PBSI Minta BWF Kaji Ulang Aturan Usai Insiden Zhang Zhi JieKonferensi pers terkait meninggalnya pebulu tangkis China, Zhang Zhi Jie, saat berlaga di BAJC 2024 di Yogyakarta. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Masih menyangkut video, Broto meminta masyarakat tak serta merta menyebarluaskan momen-momen yang merekam Zhang kolaps di lapangan.

Menurutnya, ini demi menghormati mereka yang berkabung, termasuk keluarga yang sedang dalam perjalanan jenazah Zhang di RSUP Dr. Sardjito, Sleman.

"Kami menghimbau untuk memberikan waktu dan privasi kepada keluarga Zhang dan tim China, kami juga meminta kepada seluruh badminton lovers, insan bulu tangkis di mana pun berada untuk tidak menyebar foto atau video yang memperlihatkan keadaan luka atau tidak pantas untuk menghargai dan menghormati perasaan keluarga dan tim bulu tangkis China yang tengah berduka," tandas Broto.

Baca Juga: Pebulu Tangkis China Alami Henti Jantung sebelum Meninggal

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya